Rumah Lebih Rapi dengan Metode KonMari – Property

Big Banner

JAKARTA – Ingin memiliki rumah yang rapi namun terasa sulit karena sudah terbiasa mengumpulkan dan menyimpan barang selama bertahun-tahun? Seorang penulis buku dari Jepang, Marie Kondo, menemukan metode menata yang disebut sebagai Metode KonMari.R

Sejak kecil Marie gemar merapikan segala sesuatu yang dimilikinya. Kebiasaan itu semakin berkembang saat Marie bekerja di Kuil Shinto yang serba minimalis dan rapi. Metode KonMari ini dituliskannya di buku berjudul “The Life-changing Magic of Tidying Up” yang sukses menjadi buku best-seller.

Keunikan dari metode ini adalah menyimpan barang yang memberikan rasa bahagia, sedangkan barang yang membosankan, tidak dibutuhkan dan tidak menimbulkan rasa senang didonasikan atau dibuang. Dengan melakukan metode KonMari, setiap orang pasti bisa menata kamar, rumah, kubikel kerja, dan ruangan apapun.

Inilah tujuh tips mengorganisir rumah Anda menggunakan metode KonMari :

1. Buang dahulu, simpan kemudian

Tahapan pertama dalam merapikan adalah menyingkirkan semua barang yang tidak diperlukan

2. Rapikan sedikit setiap hari dan Anda akan sibuk rapih-rapih selamanya

Jadikan acara merapikan sebagai sesuatu yang spesial. Jangan lakukan setiap hari. Jika yang Anda lakukan sudah benar, cukup sekali dan Anda tidak perlu melakukannya lagi.

3. Lemari penyimpanan hanya akan menambah timbunan

Menyimpan barang-barang yang tidak digunakan di lemari hanya akan memberikan ilusi bahwa semua barang-barang sudah tersimpan dengan baik. Dimana sebenarnya hal ini hanya akan menimbun kekacauan.

 

4. Sortir berdasarkan kategori, bukan tempat

Merapikan dengan sistem berdasarkan tempat merupakan kesalahan yang fatal. Sortir berdasarkan kategori dengan urutan sebagai berikut : baju, buku, dokumen, barang lain dan barang-barang yang memiliki nilai sentimentil.

5. Apakah barang ini memberikan rasa sukacita

Tanyakan pada diri Anda ketika memegang sebuah barang, jika iya, simpan. Jika tidak, singkirkan barang itu (dokumen penting tidak termasuk, meskipun ada beberapa yang dirasa demikian).

6. Jangan pernah menumpuk barang-barang

Penyimpanan dengan sistem vertikal adalah kuncinya. Menyusun memiliki dua masalah: Anda bisa menyusun lebih banyak dengan cara vertikal dan menyusun ke atas dapat menekan barang-barang yang ada di bawah.

7. Belajar Teknik Melipat

Kondo juga mengenalkan teknik melipat, yang akan memungkin Anda untuk menyimpan barang dengan posisi berdiri, bukan posisi berbaring. Metode ini sangat membantu untuk orang-orang dengan tipe visual karena Anda dapat melihat semuanya dalam sekejap, sehingga Anda dapat memilih baju dengan efektif.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me