Rumah Tipe Town House dan Cluster, Serupa Tapi Tak Sama – Property

Big Banner

JAKARTA – Bisnis properti kini kian berkembang. Untuk perumahan sendiri misalnya. Muncul beragam jenis perumahan yang kemudian digunakan para pengembang untuk menarik minat beli para konsumen.

Salah satunya adalah jenis perumahan cluster dan town house. Dua jenis rumah ini mulai banyak digandrungi masyarakat khususnya kelas menengah ke atas. Namun, bagaimana ciri-ciri karakter dari dua jenis rumah ini?

Menurut pengamat properti dari Colliers Internasional Indonesia, Ferry Salanto, untuk jenis town house, merupakan tipe bangunan dan unit yang dijual lebih sedikit.

“Namun fasilitasnya lebih lengkap dan biasanya rumah jenis ini berlantai dua sampai tiga,” kata Associate Director Researh Service Colliers Internasional Indonesia ini kepada Okezone, Senin (8/2/2016).

Ferry melanjutkan, untuk jenis cluster, biasanya perumahan tersebut lebih terpadu. Hal itu dapat dilihat dari sistem one gate atau satu pintu-nya saja.

“Jadi lebih terkontrol dan terpadu mulai dari sistem kemanannya dan pengelolaannya, dan biasanya dalam satu perumahan, cluster ini lebih ekslusif,” papar Ferry.

Persamaan dari kedua jenis rumah ini, kata Ferry terletak pada segmentasi pasarnya yang sama-sama mengincar menengah atas.

“Yang dijual itu fasilitasnya, sistem security-nya, dan pengelolaannya yang lebih profesional saja,” kata dia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me