Tiga Kota Ini Jadi Incaran Pencari Properti Selain Jakarta – Property

Big Banner

JAKARTA – Kota-kota besar lain di Pulau Jawa, seperti Surabaya, Bandung, dan Bekasi kini menjadi incaran lain setelah Jakarta untuk mencari tempat tinggal. Baik untuk sekedar investasi ataupun digunakan sendiri.

Kota terbesar kedua ini, yakni Surabaya menjadi salah satu kota berpotensi yang cukup besar untuk bisnis dan investasi. Hal itu didukung dengan ketersediaan lahan dan infrastruktur yang terintegrasi.

Harga rata-rata rumah di Surabaya berada pada Rp12.250.000 per meter persegi. Sedangkan untuk menyewa, rata-rata harganya Rp357.143 per meter persegi.

Selain tempat tinggal, Surabaya juga memiliki potensi untuk properti di segmen komersil seperti perkantoran dan SOHO (Small office / home office). Harga sewanya rata-rata Rp15.789.474 per meter persegi.

Selain di Surabaya, harga beli rumah di Bandung rata-rata sebesar Rp9.700.000 per meter persegi, sedangkan harga sewanya Rp400.000 per meter persegi. Bandung merupakan daerah incaran para pengembang properti komersil. Daerah ini juga didukung oleh infrastruktur jalan tol Jakarta-Bandung. Demikian data riset Lamudi Indonesia yang diterima Okezone, Selasa (9/2/2016)

Berbeda dengan Bandung, kota terbesar keempat di Indonesia yaitu Bekasi memiliki potensi yang besar untuk bisnis, investasi, hiburan, dan infrastruktur. Bekasi menjadi daerah alternatif bagi yang mencari ruang komersil dengan harga terjangkau.

Harga belinya rata-rata sebesar Rp11.213.236 per meter persegi, dengan harga sewa Rp317.425 per meter persegi. Banyak lahan yang masih tersedia untuk manufaktur atau pergudangan. Permintaan untuk perumahan di Bekasi juga diperkirakan akan meningkat.

property.okezone.com