Rumah Idaman yang Pas di Kantong – Property

Big Banner

JAKARTA – Tentu Anda selalu memilih yang terbaik untuk hidup Anda, termasuk dalam hal membeli rumah. Sebelum membeli, Anda harus membandingkan semua pilihan yang sesuai dengan selera, termasuk isi kantong.

Punya rumah sendiri adalah idaman semua orang, baik lajang maupun pasangan suami-istri muda. Mendapatkan rumah idaman, bagi sebagian orang, tidaklah mudah. Selain berbagai faktor yang harus dipikirkan, harga rumah yang setiap tahun semakin tinggi ikut mempersulit kita untuk meraihnya.

Bila Anda ingin membeli rumah idaman yang berlokasi di area perumahan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan supaya Anda tidak salah dalam menentukan lokasi ataupun tipe rumah yang diinginkan. Faktor utama yang wajib diperhatikan adalah masalah harga. Harga satu unit rumah memang selalu berbanding lurus dengan fasilitas di dalam dan di luar rumah yang dikembangkan oleh pengembang tersebut.

Bila fasilitas yang ditawarkan lengkap, pasti harganya lebih mahal. Biasanya, lokasi juga sangat menentukan harga rumah. Pakar properti Aryo Diponegoro menjelaskan, pada saat membandingkan harga, sebaiknya perhatikan apakah harga tersebut sudah termasuk HGB, IMB, pajak, atau biaya lainnya.

Karena elemen yang termasuk dalam nilai jual sangat bervariasi. Pastikan juga untuk membandingkan total harga yang ditawarkan oleh pengembang. Ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu, apakah Anda ingin membeli rumah yang siap huni (ready stock ) atau inden.

Beberapa perumahan saat ini sudah menyediakan unit yang siap huni dengan tipe yang lebih besar, biasanya tipe 45 ke atas, dan menetapkan sistem inden untuk tipe yang lebih kecil, biasanya tipe 36 ke bawah. Lokasi perumahan juga menjadi faktor terpenting dalam memilih rumah. Biasanya, lokasi yang lebih prestisius atau strategis menuntut harga yang lebih mahal.

Namun, hal tersebut bukanlah masalah bagi sebagian orang. Ada baiknya pertimbangkan lokasi ketika Anda membeli rumah untuk memudahkan Anda ketika harus pergi ke tempat bekerja ataupun berbelanja. Jangan lupa perhatikan pula bagaimana lingkungan di sekitar rumah tinggal, apakah mendukung perkembangan keluarga?

“Lokasi sangat berhubungan dengan akses rumah dari jalan dan kendaraan. Kebanyakan rumah yang letaknya dekat stasiun atau jalan raya, pasti harganya lebih tinggi dibandingkan dengan perumahan yang letaknya jauh dari jalan raya,” kata Aryo. Selain akses kendaraan, lokasi rumah yang dipilih sebaiknya berada di lingkungan yang aman dan tidak berisiko banjir saat musim hujan.

Begitu juga dengan fasilitas rumah, pastikan saat membeli sarana seperti listrik, air bersih, dan sarana lain telah memadai. Bukan hanya harga dan lokasi. Tahap berikutnya yang harus Anda perhitungkan adalah keindahan desainnya. Bayangkan sebuah perumahan dengan hamparan bunga dan hijaunya pepohonan yang tiap pagi menyambut Anda kala bangun pagi hari, diiringi dengan eksotisme dan desain indahnya, tentu akan membuat Anda betah dan selalu bersemangat saat bangun pada pagi hari.

Pada saat ini memang banyak sekali perumahan yang dibangun menggunakan tema ataupun berbeda tema. Sebut saja tema kampung Bali, tema Eropa, tema minimalis, tema Mediterania, tema tradisional Jawa, dan sebagainya. “Namun, keindahan desain bukan segalanya dalam membeli sebuah rumah. Yang terpenting, rumah mampu memenuhi kebutuhan kita dalam beraktivitas,” ucap Aryo.

Selanjutnya, Anda harus benar-benar teliti melihat spesifikasi bangunan yang digunakan. Seperti dinding, apakah menggunakan batu bata merah atau batako, diplester atau tidak, dicat atau tidak, sampai persoalan bahan kayu yang digunakan untuk kusen jendela dan pintu. “Spesifikasi rumah sangat bergantung pada pengembang yang mendirikannya.

Karena itu, ketahui terlebih dahulu mana pengembang rumah yang memiliki reputasi bagus. Perhatikan pula surat-surat atau akta perjanjian jual-beli yang dapat dipertanggungjawabkan,” saran Aryo. Rumah kompleks yang dibangun dengan sistem borongan dari developer biasanya memiliki kualitas bangunan yang buruk.

Sistem subkontrak yang dilakukan secara bertingkat demi efisiensi sudah menjadi rahasia umum rumah kompleks. Karena itu, ketelitian dalam menilai kualitas bangunan rumah sangat diperlukan. Meski demikian, bukan berarti setiap bangunan dapat dibangun secara sempurna. Oleh karena itu, siapkan mental Anda untuk melakukan renovasi kecilkecilan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me