Mencari Apartemen Bekas Berkualitas – Property

Big Banner

JAKARTA – Hunian jangkung atau apartemen merupakan salah satu investasi properti yang menarik. Apabila Anda ingin membeli apartemen seken, diperlukan perhitungan yang matang. Sebab, sebuah apartemen yang memiliki nilai investasi sangat ditentukan oleh lokasi, fasilitas, dan lain-lain.

Saat ini kondisi dan prospek investasi properti dalam bentuk apartemen terbilang menarik. Namun, apabila ingin membeli apartemen untuk investasi, Anda memerlukan perhitungan yang matang. Kategori untuk membeli apartemen terbagi menjadi dua, apartemen baru dan apartemen bekas (secondary ).

Setiap kategori apartemen itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Membeli sebuah unit apartemen baru, biasanya Anda harus menunggu terlebih dulu, bisa beberapa bulan hingga setahun, sebelum Anda dapat menikmati unit yang Anda beli tersebut. Jadi untuk apartemen baru, akan ada waktu yang terbuang selama Anda menunggu pengembang menyelesaikan apartemen tersebut.

Namun, berbeda dengan apartemen seken. Karena merupakan apartemen bekas ditinggali seseorang, apartemen ini sudah siap pakai. Tempat sudah tersedia dan surat-surat pun tinggal pindah tangan. Meski jatuhnya lebih mahal, jika Anda butuh tempat yang bisa cepat dijadikan hunian keluarga, apartemen bekas dapat menjadi pilihan yang baik.

Memang nilai investasi pada apartemen seken umumnya lebih rendah dibandingkan kondominium atau apartemen baru. Hal ini dikarenakan lingkungan apartemen bekas biasanya sudah terbentuk dan kelengkapan fasilitas sudah tersedia. Sementara apartemen baru, lingkungannya belum terbentuk dan fasilitasnya masih dilengkapi. Pembentukan lingkungan dan kelengkapan fasilitas dari apartemen baru sangat bergantung pada komitmen pengembangnya.

Terdapat sejumlah tips aman dalam membeli apartemen bekas berkualitas, yang harus diteliti dan sangat berbeda bila hanya untuk menyewa apartemen. Pertama, kondisi fisik apartemen. Periksalah kondisi fisik bangunan secara cermat dan teliti. Jangan tergiur dengan promo yang ditawarkan. Anda harus teliti terhadap keretakan, cat terkelupas, atau kelembapan dinding yang disebabkan oleh bocornya saluran air dan atap.

Hal ini penting supaya apartemen tersebut tidak hanya layak untuk dijadikan tempat tinggal, juga menguntungkan untuk dijual kembali. Lalu, fasilitas yang diberikan. Amati kelengkapan fasilitas serta lingkungan yang tersedia di apartemen tersebut. Pilihlah apartemen yang berada di lingkungan yang sudah dilengkapi fasilitas, seperti jaringan listrik, air bersih, telepon, dan sarana umum seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, rumah sakit, kolam renang, olahraga, dan tempat ibadah.

Setelah itu, cermati lokasi. Pilihlah apartemen seken yang berada di kawasan lingkungan yang sudah berkembang karena dengan berkembangnya kawasan tersebut, akan meningkatkan nilai investasi dan tentu kenyamanan pemilik apartemen lebih terjamin. Hal yang juga penting, kelengkapan dokumen.

Periksa aspek legalitas dokumen dari apartemen yang Anda pilih, seperti sertifikat hak guna bangun (HGB), surat izin penunjukan dan penggunaan tanah (SIPPT), dan IMB. Periksa dengan seksama dan teliti tentang riwayat apartemen yang ingin Anda beli, apabila ingin terhindar dari masalah di kemudian hari. Cek juga apakah pembelian apartemen bekas dapat melalui KPR (kredit pemilikan rumah). Apabila bisa, Anda dapat meminta bank melakukan penilaian.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me