Terpopuler: Dynamic Tower, Gedung Penc.. -1309600::Okezone Bisnis

Big Banner

NEW YORK – Kaki langit Dubai akan kedatangan gedung pencakar langit baru. Perusahaan arsitektur Dynamic Group baru saja mengumumkan rencananya untuk menciptakan gedung pencakar langit berputar dunia pertama di Dubai bernama Dynamic Tower. Gedung ini terdiri dari 80 lantai dan akan rampung pada 2020 jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Dilansir dari laman Realty Today, Kamis (11/2/2016), setiap lantai terhubung ke tiang tengah, yang karenanya memungkinkan lantai terpisah bangunan untuk memutar berdasarkan perintah. Bahkan, warga yang tinggal di apartemen menara mewah ini juga akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan kecepatan rotasi dan arah dengan aktivasi suara.

Awalnya, konsep bangunan ini diusulkan oleh arsitek David Fisher pada 2008. Berdiri dengan ketinggian 420 meter, sehingga menjadikannya bangunan tertinggi kedua di Dubai, setelah Burj Khalifa (828 meter), dan menara residensial tertinggi kedua di dunia, setelah New York City 432 Park Avenue (426 meter).

Selain itu, Dynamic Tower juga akan menghasilkan energi mandiri untuk digunakan, berkat 79 turbin angin yang terletak di antara lantai-lantai. Hal ini juga akan memiliki panel surya, yang akan melindungi kedua atap bangunan dan atap setiap tingkat.

Ketika diaktifkan, kelebihan energi yang dihasilkan dari turbin angin dan panel surya dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk lima bangunan lebih dari ukuran sama.

Menara berputar ini juga akan menjadi pencakar langit prefabrikasi pertama di dunia. Fisher menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen dari menara, tidak termasuk tiang tengah, bisa dibangun di pabrik sebelum dikirim dan dirakit di lokasi konstruksi.

Tampaknya tidak begitu mengejutkan jika proyek ini akan menelan biaya sekitar USD329,982 miliar atau setara Rp4.458 triliun (mengacu kurs Rp13.510 per USD), mengingat kemampuannya yang dapat berputar. (rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me