Renovasi dan Penataan Kawasan GBK Butu.. -1309510::Okezone Bisnis

Big Banner

JAKARTA Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) akan direnovasi untuk menyambut penyelenggara Asian Games XVIII 2018. Diperkirakan, renovasi dan penataan kawasan tersebut akan memakan biaya Rp2 triliun.

“Kami sebenarnya masih menghitung tepatnya anggaran yang dibutuhkan, namun kami memperkirakan anggaran maksimum yang dibutuhkan Rp2 triliun,” kata Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Adjar Prayudi seperti dilansir laman Kemen PUPR, Kamis (11/2/2016).

Adjar menambahkan, anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga sebesar Rp500 miliar akan dipindahkan ke Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR untuk mendukung infrastruktur.

“Sementara untuk pembangunan yang besar-besar nanti akan menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara),” tuturnya.

Berdasarkan waktu pelaksanaan dukungan Infrastruktur Asian Games XVIII 2018, telah disusun dua (dua) skenario penanganan kegiatan yang terdiri atas, Sistem Kontrak Konvensional dan Sistem Kontrak Design and Build.

Dalam Sistem Kontrak Konvensional, diterapkan pada komponen Bangunan Venues diantaranya pada Paket AG (Stadion Tenis Indoor, Tenis Outdoor Center Court dan Stadion Madya), Paket AG (Gedung Basket, Gedung Latihan Bulu Tangkis, Gedung Bola Volley, Lapangan Hockey, Lapangan Panahan dan Lapangan Sepakbola A), Paket AG (Penataan Lingkungan Komplek GBK) dan Paket AG (Penataan Lingkungan Kawasan Kampung Atlit Kemayoran).

Kemudian dalam Sistem Kontrak Design and Build diterapkan pada komponen Bangunan Venues diantaranya pada Paket AG (Stadion Utama GBK), Paket AG (Stadion Renang), Paket AG (Istora Senayan, Softball Pintu I dan Softball Pintu II).

Untuk diketahui bahwa Asian Games XVIII 2018 nanti akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Dalam kegiatan multi-olahraga tersebut nanti, kurang lebih akan ada 45 negara yang ikut serta.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me