Primadona, Properti Dubai Diserbu.. -1310450::Okezone Bisnis

Big Banner

NEW YORK – Data terbaru menunjukkan bahwa investasi properti Dubai masih tetap diminati oleh kalangan investor dunia. Data Dubai Land Departement (DBL) menunjukkan sepanjang 2015 ada sebanyak 55.928 investor dari 150 negara yang telah menginvestasikan senilai total 135 miliar dirham atau setara Rp494 triliun (mengacu kurs Rp3.662 per dirham) pada real estat Dubai.

Dilansir dari laman Select Property, Sabtu (10/2/2016), permintaan terhadap properti Dubai terkuat di antara Emirat lokal lainnya, dengan menginvestasikan 20,6 miliar dirham atau Rp75 triliun. Angka ini setengah dari jumlah total uang yang diinvestasikan dari Gulf Co-operation Council.

Para investor dari Arab Saudi menghabiskan 9 miliar dirham atau Rp3 triliun, sedangkan Kuwait menginvestasikan 3 miliar dirham atau Rp11 triliun. Selain itu, ada juga modal signifikan yang berasal dari Qatar, Oman dan Bahrain.

Melongok ke luar Timur Tengah, adapula investor dari India, Inggris dan Pakistan yang menghabiskan uang paling banyak pada aset pada tahun lalu. India menyumbang transaksi senilai 20 miliar dirham atau Rp73 triliun, pembeli Inggris menghabiskan 10 miliar dirham atau Rp37 triliun, sedangkan 8 miliar dirham atau Rp29 triliun berasal dari investasi Pakistan.

Direktur Jenderal DLD, Sultan Butti Bin Mejren menjelaskan fakta investor dari 150 negara membeli properti di Dubai merupakan verifikasi kuat dari kinerja saat ini dan potensi pertumbuhan pasar di masa depan.

“Dubai menikmati tingkat yang sangat tinggi dari penerimaan dari para investor internasional karena atributnya dan laba dari investasi (return on investment/ROI),” ujarnya.

“Kami yakin dengan ukuran investasi dari warga UEA, selain permintaan yang sangat besar dari GCC yang menyediakan pasar dengan perisai kuat dari fluktuasi musiman,” tambah dia.

Saat ini investor mendapatkan nilai dalam pasar sewa Dubai, di mana keuntungan dari nilai sewa per tahun (yield) antara 7 persen dan 9 persen. Angka persentase tersebut jauh lebih tinggi daripada banyak pasar real estat besar lainnya yang ada di dunia, seperti London dan Hong Kong.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me