Pemprov Tekan Harga Rusunami Jakabaring -1311675::Okezone Economy

Big Banner

PALEMBANG – Pemprov Sumsel bersama Perum Perumnas berupaya menekan harga tiap tipe pada rumah susun berkepemilikan (Rusunami) agar lebih terjangkau.

Selain itu, Rusunami akan difokuskan untuk PNS ini, akan diperbanyak dengan tipe 36 dan tipe 25. Harga per meter diharapkan sekitar Rp8,7 juta. Hal ini diungkapkan Land and Corporate Director Perum Perumnas Herry Irwanto. Dia mengatakan, untuk soal harga masih akan diperdalam lagi.

“Yang jelas untuk Rusunami tersebut akan memiliki harga rendah atau subsidi,” ujarnya usai rapat di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, kemarin. Menurutnya, pembangunan Rusunami ini harus dikerjakan tepat waktu.

Sebab memang pelaksanaan Asian Games sudah di depan mata. Pembangunan Rusunami menjadi bagian penting, karena untuk wisma bagi para atlet.

“Dalam pembangunan memanfaatkan lahan di Jakabaring yang memang milik Pemprov Sumsel. Nantinya setelah digunakan sebagai wisma atlet maka dimanfaatkan hunian itu untuk Rusunami dengan berbagai macam tipe, dari tipe 25, tipe 36, dan tipe 54. Serta bentuk studio dan kelengkapan dua bed room,” ujarnya.

Dia menambahkan, Rusunami tersebut berdasarkan ketentuan memang menjadi hunian yang ditujukan untuk para PNS baik Pemprov, Pemkab atau Pemkot di Sumsel. Di samping itu, pihaknya masih memperhitungkan sejauh mana konsumen PNS yang berminat.

Rusunami yang memiliki blok sebanyak 23 lantai ini memiliki investasi Rp700 miliar dengan jumlah blok sebanyak 2.287 unit. “Sejauh ini kesiapan di lapangan sudah siap untuk mendukung pembangunan Rusunami di lahan seluas 4 hektar ini. Diharapkan pembangunannya dapat selesai sesuai schedule,” katanya.

Sementara Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel Ruslan Bahri mengatakan, proses pembangunan sudah mulai dilaksanakan, bahkan areanya sudah dipagar. Termasuk Pembangunan jembatan sementara, untuk mengangkut bahan material masuk ke lokasi.

“Langkah terpenting saat ini adalah berupaya mempercepat pembangunannya serta bagai mana bisa menekankan harga agar terjangkau bagi PNS,” katanya. Ruslan menambahkan, untuk harga per blok pada Rusunami biasanya Rp10 juta per meter. Sementara Rusunami di Sumsel didorong pemerintah agar lebih murah sekitar Rp8,7 juta per meter.

(Retno palupi/ Koran SINDO)

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me