Pasar Properti San Francisco Kembali.. -1311666::Okezone Economy

Big Banner

NEW JERSEY – Salah satu indeks saham Amerika Serikat (AS), Nasdaq, terkoreksi hingga 15 persen sepanjang awal 2016 ini. Tapi sebaliknya, pasar perumahan kelas menengah atas (high-end) di San Francisco kian bergeliat.

Pasar saham AS tampaknya mulai melambat, termasuk di Nasdaq. Aksi pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) juga melambat. Hal ini berimbas positif kepada pasar properti di negara tersebut.

“Seseorang yang mungkin telah merasa tercekik akibat harga rumah mencapai USD5 juta atau Rp67 miliar (mengacu kurs Rp13.474 per USD) pada tahun lalu, sekarang mungkin sedikit lebih berhati-hati,” kata Josh McAdam, seorang agen real estat Pacific Union di San Francisco, seperti dilansir dari laman CNBC, Minggu (14/2/2016).

“Ini bukan lingkungan yang sama.” sambungnya.

McAdam mencatat bahwa permintaan tetap kuat untuk penjualan rumah di kisaran USD1 juta atau Rp1,3 miliar. “Tapi hunian high-end di City by the Bay, jika mereka ingin menarik pembeli, sekarang perlu untuk sesumbar dengan mengatakan semua proyek akan selesai tepat waktu,” katanya.

Misalnya, kata McAdam, hanya satu rumah di kawasan kelas menangah Noe Valley tahun lalu dijual lebih dari USD5 juta atau Rp67 miliar. Tahun sebelumnya, katanya beberapa rumah dijual di kisaran harga dan beberapa bahkan di atas USD5 juta.

Ninta Hatvany pun menegaskan adanya tren yang sama. Pada kuartal II-2015, perusahaan miliknya pun mencatat sebanyak 18 rumah terjual senilai USD6 juta atau lebih telah terjual di San Francisco. Namun, angka rumah itu turun menjadi sembilan pada kuartal IV-2015.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me