Taman Lalu Lintas Bandung Mulai.. -1311625::Okezone Economy

Big Banner

BANDUNG – Taman Lalu Lintas di Bandung, Jawa Barat, mulai direvitalisasi dengan dana senilai Rp9,0 miliar dari PT Toyota Astra Motor (TAM), sehingga kelak taman tersebut sarana edukasi dan rekreasi yang lebih menarik bagi warga sekitar maupun turis.

Peletakan batu pertama revitalisasi taman berusia hampir 58 tahun itu, dilakukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wapresdir TAM Henry Tanoto, dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Taman Lalu Lintas Yus Yunazwin Nazaruddin, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

“Dalam 6-9 bulan akan terlihat sebelum and sesudah taman ini direvitalisasi,” ujar Walikota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu.

Dia mengatakan Taman Lalu Lintas yang merupakan salah satu taman tertua di Bandung itu, telah menginspirasinya untuk membuat taman-taman tematik, seperti Taman Musik dan Taman Jomblo.

“Kalau tidak ada tema, semua taman sama saja, ada pohonnya,” ujar Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil. Yang membedakan sebuah taman yang memiliki fungsi ekologi, lanjut dia, adalah fungsi sosialnya.

Taman Lalu Lintas yang mulai direvitalisasi tersebut diharapkan menjadi taman edukasi yang lebih menarik untuk mendidik perilaku berlalu lintas masyarakat sejak dini.

Dia berterima kasih Toyota melalui program tanggung jawab sosial (CSR) telah menyumbangkan dana untuk membuat taman tersebut lebih bagus dan menarik. Bandung memiliki 300 taman, dan Taman Lalu Lintas menjadi taman terbersih dan terbaik se-Bandung.

Sementara itu Wapresdir TAM Henry Tanoto mengatakan dana revitalisasi taman tersebut berasal dari Toyota Car for Tree, yaitu program TAM bersama dealer Toyota yang menyisihkan keuntungan penjualan mobil untuk membantu konservasi lingkungan.

Program tersebut berlangsung sejak tahun 2010. Sebelum Taman Lalu Lintas, TAM telah membantu penghijauan untuk Ecopark dan Taman Semanggi di Jakarta.

“Kali ini Bandung menjadi pilihan karena merupakan salah satu kota besar yang memiliki banyak taman,” ujar Henry.

TAM merancang dan mendesain sendiri revitalisasi Taman Lalu Lintas itu setelah mendapat persetujuan Pemkot Bandung.

Taman akan dikembangkan menjadi tiga zona yaitu zona pegunungan, zona perkotaan, dan zona air, sehingga cocok untuk rekreasi keluarga di samping sarana edukasi berlalulintas untuk anak sejak dini.

TAM juga akan menambah fasilitas seperti jogging track, taman bermain anak, dan area piknik keluarga, selain pembenahan infrastruktur termasuk shuttle bus, mushola, dan sarana kuliner.

Toyota, lanjut dia, memiliki program yang bersandar pada lingkungan, pendidikan, keselamatan berkendaraaan, dan pengembangan masyarakat. “Kegiatan ini akan kami perluas ke kota-kota lainnya di luar Jawa,” ujar Henry.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me