Bakar Lemak dengan 5 Desain Rumah Ini -1310630::Okezone Economy

Big Banner

JAKARTA – Apakah rumah Anda saat ini merefleksikan gaya hidup sehat dan bugar? Atau apakah Anda sedang berusaha mengecilkan pinggang di rumah yang berantakan dan tidak teratur?

Memang sedikit sulit memilih makanan sehat dan mencari waktu berolahraga ketika Anda sibuk membereskan rumah. Dikutip dari tribune.com, simak ide dan tips desain rumah yang terorganisir, yang dapat membuat Anda lepas dari stres dan kembali bugar.

Bersihkan Meja Dapur

Meja dapur sehat adalah yang luas dan hanya menyediakan makanan ramah-diet. Tidak ada lagi kantung camilan atau kue-kue berkalori tinggi. Tas, mainan, dan barang-barang lain yang terlihat berantakan juga sebaiknya tidak ada di dapur.

Menurut Brian Wansink, seorang peneliti di Universitas Cornell, dapur yang sehat memiliki peralatan masak yang terorganisir dengan baik, blender yang dapat membuat jus atau smoothies, dan semangkuk buah-buahan atau kacang. Berikan ruang kosong yang leluasa agar Anda terpacu untuk membuat makanan yang sehat.

Sediakan Wadah untuk Buah

Anda mungkin sudah menyediakan mangkuk buah di dapur. Tapi Anda perlu memerhatikan apakah buah-buahan tersebut sudah terlalu matang atau busuk.

Untuk itu, selalu sediakan wadah buah segar dan taruh di tempat yang mudah terlihat seperti di depan lemari penyimpanan camilan. Dengan begitu, Anda akan melihat buah terlebih dahulu sebelum melihat camilan lain, sehingga ketika lapar, Anda lebih mudah mengambil buah tersebut, ketimbang camilan.

Upayakan Kulkas Selalu Bersih

Selalu bersihkan rak di dalam kulkas dan sediakan sayuran atau lauk sehat seperti ayam panggang dan telor rebus. Pastikan semuanya terdapat di rak tengah bagian kulkas. Anda juga bisa membuang minuman yang tidak sehat, seperti minuman soda. Bila anggota keluarga masih menginginkannya, Anda bisa menaruhnya di rak yang sulit dijangkau.

Jangan Cat Dapur dengan Warna Putih

Menurut Houzz, hampir 75 persen pemilik rumah di dunia memilih warna netral dan lembut untuk dapur mereka. Lantas, mengapa harus menghindari warna putih? Pasalnya, warna terang dapat menstimulasi rasa lapar. Kendati demikian, jangan pula mengecat dapur Anda dengan warna gelap, karena Anda akan cenderung melakukan semua hal menjadi lebih lama, termasuk aktivitas makan.

Hilangkan Hal-hal yang Dapat Menganggu Tidur

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat tidur Anda lebih baik. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan yang lebih sehat di siang hari, dapat membuat tidur Anda lebih berkualitas.

Selain itu, biasakan untuk tidak men-charge barang elektronik apapun di kamar Anda. Pindahkan charger ke ruang tamu atau ruang keluarga.

Minimalkan cahaya dari sumber apapun, termasuk TV. Gunakan aroma lavender di tempat tidur Anda. Beberapa pakar feng shui mengatakan beberapa essential oil dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih baik di malam hari.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me