Tips Hindari Pengembang Nakal -1312550::Okezone Economy

Big Banner

JAKARTAPengembang nakal yang belakangan ini muncul, mulai meresahkan para calon konsumen properti yang hendak berinvestasi. Pemerintah pun dituntut untuk tidak tinggal diam atas hal tersebut.

Namun, sebelum menyalahkan pemerintah, agar terhindar dari penipuan yang dilakukan pengembang nakal sebaiknya para calon konsumen juga dapat mengantisipasinya.

Direktur Utama PT Kembar Intiland, Fahrul Roji mengungkapkan, agar terhindar dari tindakan tersebut, konsumen perlu melakukan beberapa hal, seperti memeriksa sepak terjang dari pengembang bersangkutan.

“Konsumen sebelum beli itu bisa lihat benar-benar pengembangnya, dan lokasinya juga diperiksa,” kata Fahrul Roji yang juga anggota dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), saat ditemui di Indonesia Property Expo 2016, di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Selain itu, dia juga mengimbau agar para calon konsumen turut memeriksa perizinan dan kelengkapan surat-surat dari suatu proyek residensial yang dijual pengembang.

“Perizinan juga, surat-suratnya semua perlu dilihat dulu, kalau cuma janji-janji saja, tapi tidak bisa dibuktikan dengan hal administrasi terkecil saja, jangan langsung percaya, apalagi kebanyakan belum jadi sudah diekspos,” katanya.

Fahrul juga mengakui, salah satu bagian tersulit yang dilakukan oleh pengembang adalah menjaga kepercayaan para konsumen. Maka itu, pihaknya tidak lantas meng-ekspos proyek sebelum proyek tersebut benar-benar jadi.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me