Pengetatan Aturan untuk Saring.. -1312544::Okezone Economy

Big Banner

JAKARTA – Maraknya penipuan oleh pengembang properti nakal di sejumlah daerah menuai tanggapan tersendiri oleh para pengembang.

Seperti yang diutarakan oleh salah satu anggota Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) misalnya, yakni PT Kembar Intiland.

Menurutnya, pemerintah ke depan dapat membuat kebijakan yang secara langsung bisa menyaring pengembang nakal.

“Seharusnya ini kebijakan pemerintah bisa ‘mengayak’ pengembang yang benar-benar kelihatan,” ungkap Direktur Utama PT Kembar Intiland, Fahrul Roji, saat ditemui di Indonesia Property Expo 2016, di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut dapat berupa perpajakan, ketentuan dari Bank Indonesia, dan perbankan. Menurutnya, dengan pengetatan aturan, maka pengembang nakal akan terlihat.

“Maka itu harus ada pengetatan kebijakan jadi kaya seperti ‘mengayak’ gitu, sebab jangan pengembang nakal, kita saja yang punya program benar konsumen kadang masih suka tidak yakin,” kata Fahrul.

Sebelumnya, pengembang nakal baru-baru ini terjadi di Sleman, Yogyakarta. Di mana pengembang properti PT Majestic Land melakukan tindak penipuan lewat pengembangan proyek M-Icon dengan membawa kabur uang para pembeli yang sudah masuk.

property.okezone.com