Pembangunan Infrastruktur Bisa Hambat.. -1313187::Okezone Economy

Big Banner

JAKARTA – Pembangunan infrastruktur yang tengah digiatkan oleh pemerintah di sejumlah daerah di Indonesia, diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan properti. Namun, hal itu justru dapat berdampak sebaliknya.

Pembangunan infrastruktur juga bisa menjadi penghambat pembangunan properti, khususnya di segmen menengah bawah, apalagi jika tidak ada upaya pengendalian harga tanah.

“Karena begitu infrastruktur dikerjakan, biasanya akan dibarengi kenaikan harga tanah disekitarnya,” kata Ketua Kehormatan DPP Real Estat Indonesia (REI) Setyo Maharso, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2016).

Oleh karena itu, lanjut Setyo, dia mengimbau agar semua BUMN yang dilibatkan dalam pemerintah pada proyek infrastruktur harus segera membebaskan pula tanah disekitaran proyek sebagai cadangan lahan atau land bank pemerintah.

“Nantinya land bank itu bisa diperuntukkan untuk pembangunan hunian menengah bawah. Selain itu penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate), tingkat inflasi yang terus menurun, selesainya UU Tapera, akan jadi alasan kuat industri properti menuju ke arah perbaikan,” pungkas Setyo, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Kualajaya Realty (Kualajaya Group) tersebut.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me