Rumah di Bekasi Berbahan Baku.. -1314595::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTAPenggunaan kontainer atau peti kemas kini menjadi alternatif bangunan. Bahkan, penggunaannya pun tak hanya sekadar untuk bangunan berbisnis, namun kini telah merambah hingga menjadikannya sebuah hunian layak. Salah satunya adalah rumah yang terletak di kawasan Cikunir, Jati Asih, Bekasi.

Adalah Novriansyah Yakub, salah satu principal architect dari perusahaan arsitek Indonesia, Atelier Riri, yang merasa ditantang oleh kliennya. Dia menceritakan, ketika itu sang klien ingin untuk membangun suatu rumah dengan menggunakan empat buah kontainer di atas lahan seluas 150 meter persegi (m2).

“Klien saya waktu itu challenge saya untuk bangun rumah dari kontainer. Saya waktu itu malam-malam bawa kontainer ini ke lokasi pembangunan, sampai-sampai dikira tetangga akan bangun pabrik,” ujarnya sembari berkelakar di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Empat kontainer tersebut dia pasang secara tumpang tindih dan melintang. Meski dia sudah membuat beberapa lapisan tambahan di atap kontainer untuk menurunkan suhu panas, namun wadah ini sengaja dia fungsikan menjadi kebutuhan sekunder, seperti ruang bermain anak, ruang belajar, ruang kerja, dapur dan area servis.

“Saya tidak berani untuk menjadikan kontainer itu jadi kamar tidur. Karena hawa yang dihasilkan kontainer itu kan bila terpapar sinar matahari akan menjadi panas,” jelas dia.

Agar tidak menciptakan hawa panas, dia menambahkan lapisan di atap kontainer tersebut. Adapun lapisannya berupa besi berbentuk kawat dan dianyam menjadi lembaran (wiremesh) sebagai menumbuhkan tanaman merambat dan juga dia menambahkan bahan peredam suara, glasswool di langit-langit yang terbuat dari kayu pinus.

“Di atas kontainer, ada layer. Ini mengakali agar kontainer tidak panas. Layer pertama saya kasih kayu, kemudian ada glass wool juga,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me