Breathing House Buah Karya Aritektur.. -1314507::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Salah satu karya arsitektur dari arsitek Indonesia mencoba mengusung konsep untuk meningkatkan kualitas hidup perumahan. Adalah sebuah rumah yang dijuluki Breathing House, terletak di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Salah satu arsiteknya, Novriansyah Yakub mengemukakan, sesuai namanya, dia bersama dua orang rekan arsiteknya mencoba mengeksplor empat komponen agar rumah tersebut seolah ‘bernafas’.

Komponen pertama diungkapkannya adalah melalui pencahayaan langsung dari langit (skylight). Sehingga bisa menghemat energi lantaran tidak memerlukan lampu listrik mengingat Indonesia merupakan negara dengan cuaca sub tropis, yang mana lebih banyak terpapar sinar matahari bila dibandingkan dengan negara empat musim.

“Indonesia merupakan negara paling indah. Kita bisa kurangi pencahayaan tanpa gunakan lampu. Rumah ini punya akses cahaya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Dia melanjutkan, komponen ‘bernafas’ kedua yang diterapkannya pada rumah tersebut adalah melalui taman atap (roof garden). Pada salah satu atap rumah, pihaknya memberi lahan berisi tanah. Tujuannya, agar mampu mendinginkan suhu ruangan yang ada di bawahnya.

Selain mampu mendinginkan ruangan yang ada di bawahnya, kata dia, juga bisa menampung air hujan yang nantinya bisa diolah kembali untuk penggunaan lainnya.

“Menampung air hujan yang nantinya bisa diolah lagi untuk dijadikan flush, siram tanaman dan lain sebagainya,” jelas dia.

Masih kata dia, komponen lainnya dapat diterapkan melalui tanaman yang dapat ditanam di sekitar lingkungan rumah. Terakhir, melakukan inovasi pada bata. Dalam hal ini, dia membuat suatu susunan bata merah disusun dengan cara memperlihatkan celah-celah atau rongga-rongga, yang bertujuan agar mampu mengalirkan udara melalui bangunan bata tersebut.

“Brick rooster, bata-bata merah yang bisa mengalirkan udara melalui bangunan,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me