Green Roof Bisa Dinginkan Ruangan di.. -1314503::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Keberadaan green roof (atap hijau) yang kini banyak diusung oleh bangunan di Indonesia, merupakan cara terbaik untuk mendinginkan bangunan sambil menambahkan magnet karbondioksida pada ruang yang kurang dimanfaatkan.

Hal tersebut disampaikan Principal Architect Atelier Riri, Novriansyah Yakub. Menurutnya, agar mampu memaksimalkan keberadaan green roof, maka biasanya akan terdiri dari beberapa lapisan (layer), seperti tanah dan rumput. Cara ini akan mampu menjadikan air yang berasal dari hujan atau air siraman tanaman, akan mampu berubah menjadi uap.

“Kalau dengan adanya rumput, kan lebih dingin tempatnya. Otomatis kan kalau misalnya habis kena hujan atau apa, tanah berubah jadi uap. Jadi enggak sampai kedap,” ujarnya di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Akan tetapi secara prinsip untuk penghuni rumahnya, sambung pria yang akrab disapa Riri ini menjelaskan, bisa menyumbangkan area hijau (green area) bagi lingkungan rumah penghuni tersebut.

“Jadi kalau semua ke tutup, lingkungan sekitarnya ikut panas. Dengan adanya konsep itu, berarti kita tambah area hijau,” jelas dia.

Sementara itu, masih kata dia, dalam merancang green roof, bisa menggunakan beberapa lapisan-lapisan agar cukup untuk insulasi tanahnya.

“Mungkin pertama water proofing terus dikasih ijuk, pasir, coral atau batu apung,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me