Rumah Subsidi Jadi Solusi Gapai Rumah.. -1314314::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Melihat pertumbuhan hunian yang semakin tahun semakin bertambah menandai bahwa kebutuhan akan salah satu kebutuhan primer manusia ini menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan.

Hal yang mendasar untuk diketahui dalam memperoleh rumah adalah keseimbangan pemasukan yang ada untuk membeli rumah. Jangan sampai mendapatkan rumah impian, namun justru malah berakhir dengan tumpukan cicilan dan utang yang entah harus dilunasi dengan cara apa.

Banyaknya masyarakat yang tinggal di area-area urban sehingga sebuah kawasan menjadi penuh dijejali rumah-rumah yang dibangun secara semipermanen.

Untuk mendukung masyarakat memiliki rumah, pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membuat inisiasi dalam Program Sejuta Rumah.

Program yang merupakan gerakan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang, dan masyarakat untuk mewujudkan kebutuhan akan hunian yang layak bagi seluruh rakyat, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Beberapa rumah yang didukung pemerintah melalui program rumah dengan subsidi menjadi pilihan yang menarik untuk memiliki hunian yang sesuai dengan penghasilan Anda. Beberapa tipe rumah yang disubsidi pemerintah memiliki tipe yang berbeda dan dari pengembang yang berbeda pula serta dengan tempat yang berbeda, tersebar dari Aceh sampai Papua.

Misalnya saja Perumahan Puri Mas Asri Cengkong, yang dikembangkan oleh PT Tujuh Bintang Mandiri ini terletak di Karawang dan memiliki spesifikasi rumah dengan tipe dengan luas bangunan 30 meter dan luas tanah 60 meter. Rumah dengan tipe dua kamar ini dihargai Rp115 Juta. Promosi yang diberikan adalah berupa biaya pemesanan (booking fee ) sebesar Rp500 ribu dan uang muka (DP) 5 persen, yakni sebesar Rp5.750.000.

Namun, yang perlu diingat dan diperhatikan adalah persetujuan besar KPR, jangka waktu, dam suku bunga angsuran ditentukan oleh pihak bank pemberi kredit, sedangkan pengembang tidak menjamin diberikannya nilai penuh KPR oleh bank pemberi kredit. Oleh karena itu, program rumah yang terjangkau ini memastikan bahwa rumah yang dibangun tersalurkan kepada yang berhak menghuni rumah bukan yang lain.

Namun, jika Anda sudah terlanjur menyetor uang muka, sedangkan pengajuan aplikasi kredit rumah Anda ditolak pihak bank, maka uang muka Anda akan dikembalikan 100 persen. Selain Karawang, kawasan penyangga Ibu Kota lainnya yang memiliki hunian dengan harga terjangkau terdapat di Parung Panjang, Bogor. Pesona Residence yang dikembangkan PT Berlian Sinergi Propertindo ini memberikan harga rumah senilai Rp133.500.000 dengan tipe25/60.

Uang mukanya hanya Rp 7.175.000. Jika Anda hendak mencari lebih banyak ragam rumah yang sesuai dengan anggaran dan lokasi yang Anda mau, Anda bisa menghadiri pameran properti yang sedang berlangsung di Jakarta. Terdapat beberapa penawaran menarik dari berbagai pengembang, seperti halnya Riscon Group, yang juga memenangi kategori The Best Developer with The Most Low Cost Housing Portofolio dari Housing Estate Award pada akhir 2015 lalu.

Menggelar promosi menarik untuk rumah seharga Rp90 juta, yang akan tersedia maksimal tiga rumah setiap harinya, dan harganya akan naik Rp5 juta setiap harinya. Dengan tipe luas bangunan 22 meter dan tanah 60 meter (22/60), terletak dekat dengan Stasiun Bojong. Ini merupakan proyek ketiga dari yang sebelumnya dihargai Rp85 juta.

Selain itu, masih ada banyak lagi perumahan dengan subsidi yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dan lokasinya pas dengan yang Anda mau. Nah yang pasti, pastikan bahwa Anda memiliki kriteria yang sesuai untuk memiliki hunian tersebut dengan maksimal penghasilan Rp4 juta setiap bulan dan terbebas dari macam kredit lain untuk bisa lolos sebagai pemilik kredit rumah bersubsidi.

property.okezone.com