Apartemen hingga Perkantoran Tumbuh.. -1314422::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Kinerja pasar properti Indonesia masih didominasi oleh kota-kota besar. Meski belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, namun pergerakannya cenderung positif.

Dalam laporan Coldwell Banker Commercial Indonesia, Rabu (17/2/2016), berdasarkan hirarki perkembangan properti komersil, terdapat tiga kategori berbeda dalam mengklasifikasikan kota-kota besar di Indonesia sesuai perkembangannya.

Established City, kota-kota yang termasuk kategori ini meliputi Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Director of Coldwell Banker Commercial Strategic Advisory, Tommy H. Bastamy menuturkan, lebih dari 70 persen pasokan properti kategori ini didominasi oleh Jakarta.

“Semua sektor properti komersil seperti perkantoran, retail, apartemen, dan hotel telah berkembang dengan baik sebelumnya, biasanya lebih ke high rise,” katanya dalam presentasinya.

Kategori lain, menurut Tommy adalah Emerging City, yang meliputi Makassar, Balikpapan, Bali, Semarang, Yogyakarta, Bodetabek, dan Solo.

“Karakternya kinerja ekonomi dalam kota-kota ini berubah secara signifikan dalam 5 sampai 10 tahun terakhir, beberapa pengembangan real estat skala besar telah berkembang lebih dulu,” tuturnya.

Selain itu, kategori lain ialah Promising City, di mana meliputi Pontianak, Banjarmasin, Kendari, Palembang, dan Cirebon. Karakteristiknya dapat dilihat dari aktivitas korporasi yang tumbuh secara signifikan terutama terkait pemanfaatan sumber daya alam.

“Perumahan, retail dan hotel mendominasi pasar properti di daerah ini, yang paling berkontribusi adalah pengembang lokal dengan skala pengembangan kecil dan menengah,” pungkas Tommy.

property.okezone.com