Penghapusan Pajak Berganda Dorong.. -1315654::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Penghapusan pajak berganda (doubled tax) untuk Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Real Estat Indonesia (KIK-DIRE) diyakini dapat mendorong perkembangan sektor properti, infrastruktur dan memberikan multiplier effect.

Asisten Deputi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Bastary Indra Panji, mengatakan bahwa aset di Indonesia yang dijual dalam bentuk DIRE di Singapura mencapai Rp30 triliun.

“Berdasarkan perhitungan OJK, aset di Indonesia yang dijual dalam bentuk DIRE di Singapura itu Rp30 triliun,” ujarnya dalam seminar Property & Mortgage Summit 2016, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Untuk itu, lanjut dia, perlu dikembangkan produk seperti KIK untuk infrastruktur, KIK-DIRE dan sejenisnya, yang sejalan dengan upaya pendalaman pasar keuangan.

Terlebih lagi, kebijakan di sektor ini diberikan lantaran produk pasar modal Indonesia masih relatif terbatas, sehingga kapitalisasi Bursa Efek Indonesia (BEI) relatif kecil dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Kebijakan ini penting juga untuk mendorong nilai kapitalisasi pasar modal kita yang masih tergolong kecil kalau dibandingkan Singapura dan Malaysia,” tuturnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me