Daftar Kendala-Kendala Program Sejuta.. -1315640::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah mengusung program sejuta rumah guna mengatasi backlog perumahan di Indonesia. Namun, target tersebut belum bisa dipenuhi pada 2015 karena beberapa hambatan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Eko Heripoerwanto mengatakan, ada beberapa kendala seperti belum tersosialisasinya dengan baik Program Sejuta Rumah kepada stakeholder di daerah.

“Ada beberapa pemangku kepentingan di daerah yang mengaku belum mengetahui program pemerintah ini,” ujarnya dalam seminar Property & Mortgage Summit 2016, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Kendala kedua, masih kurang akuratnya data perumahan yang ada di seluruh Indonesia, mengingat wilayah Indonesia tergolong cukup luas. Kemudian, kendala juga terjadi lantaran perumahan belum menjadi program utama pemerintah daerah (pemda).

“Masih banyak pemda-pemda yang belum mau jadikan ini sebagai program utama,” lanjut dia.

Selanjutnya, kendala terkait regulasi pemerintah daerah (pemda) terkait pembangunan rumah atau perumahan belum mendukung. Lebih lanjut dia mengungkapkan, kendala juga masih soal jenis perizinan atau non-perizinan pembangunan perumahan, persyaratan dan proses penerbitan.

Terbatasnya lahan dan harga tanah yang mahal pun dikatakan Heri, turut menjadi salah satu kendala berjalannya Program Sejuta Rumah 2015.

“Terakhir, tingginya persyaratan KPR oleh Bank Indonesia,” pungkasnya.

property.okezone.com