Perbanyak DIRE, Menkeu Akan Hapus.. -1315547::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah melalui paket kebijakan V telah berupaya mendorong agar semakin banyak para pengembang (developer) yang menerbitkan Dana Investasi Real Estat (DIRE) di Indonesia. Adapun caranya menghilangkan pajak berganda (doubled tax).

Akan tetapi, menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro masih ada satu hal lagi yang akan menggairahkan pengembang dalam menerbitkan DIRE, yakni penghapusan Bea Penghasilan dari Pengalihan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Saat ini permasalahan BPHTB, terletak di daerah-daerah. Mengingat tidak mudah mencari formulasinya, maka harus melakukan pendekatan-pendekatan pada pemerintah daerah (pemda) terpilih.

“Masih ada satu lagi rupanya. BPHTB ini masalahnya pada daerah, cari formulasi lagi enggak mudah. Jadi kita mau pendekatan pemda-pemda tertentu yang akan manfaatkan DIRE, meski tidak semua provinsi Indonesia,” ujarnya dalam keynote speech Property & Mortgage Summit 2016, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Hal ini dilakukan, agar DIRE di Indonesia dapat lebih hidup setara dengan negara tetangga seperti Singapura yang sudah lebih dulu menerapkan.

“Enggak rela juga kalau perusahaan pengembang cari ke Singapura. Harus ada pendekatan khususlah. Ngurus Indonesia jauh lebih susah dari Singapura. Intinya kami sangat dorong financing ke property,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me