Pengembang Properti Juga Butuh Kredit.. -1316605::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Kucuran dana kredit dari perbankan sebaiknya tidak mengalir ke konsumen atau pembeli rumah saja. Menurut pengamat ekonomi Aviliani, di sisi lain para pengembang khususnya pengembang kecil untuk dapat kredit konstruksi.

“Seolah-olah kalau konstruksi itu kan yang terbayang adalah high rise, jadi tidak ada bank yang mau kasih (kredit), jadi harus ada relaksasi agar arahnya ke perumahan,” kata Aviliani disela Seminar Property & Mortgage Summit 2016, di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Menurut Aviliani, tidak adanya kucuran kredit dari perbankan, kini menjadi salah satu masalah yang menghambat pembangunan perumahan, khususnya rumah-rumah subsidi.

“Jadi semua stakeholder dari properti harus dipikirkan tidak hanya konsumen, kredit pengembang juga harus ada penggolongan untuk yang harga berapa, bisa dapat kredit,” katanya.

Sebab, dia menuturkan, jika model yang dipakai tidak diubah tetap seperti sekarang ini, maka dapat dipastikan hanya pengembang besar saja yang dapat ‘hidup’.

“Kalau model sekarang ini kan pengembang besar saja yang hidup, yang kecil tidak bisa hidup, tidak fair juga, jadi menurut saya perlu kredit konstruksi jalan lagi agar para pengembang semua bisa hidup, yang besar dan yang kecil,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me