Pajak IMB bagi MBR Bakal Dihapuskan -1316457::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah dalam waktu dekat akan menghapus pajak Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Sekarang masih digodok di Setneg oleh Presiden, kalau Presiden sudah mengeluarkan instruksi, baru kita bebaskan pajak BPHTB dan IMB khusus masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus, di sela Seminar Property & Mortgage Summit 2016, di Jakarta, Jumat (18/2/2016).

Nantinya, instruksi dari Presiden tersebut dinilai penting sebagai dasar hukum untuk pembebasan pajak IMB dan BPHTB tersebut.

“Jadi kalau masyarakat berpenghasilan rendah itu tidak bayar pajak PPN 10 persen,” imbuh Maurin.

Dia pun mengimbau, agar Kementerian Keuangan juga mengkaji dan menganalisa untuk pajak bagi kelas menengah agar diberlakukan juga aturan serupa.

“Untuk yang menengah sama kelas atas, teman-teman Kementerian Keuangan-lah yang melakukan analisanya,” kata dia.

Sementara untuk penyelesaian IMB bagi para pengembang, melalui seminar Property & Mortgage Summit 2016, diusulkan untuk percepatan proses penyelesaian IMB, di mana Kementerian PUPR untuk melakukan revisi Permen 24 tahun 2007, di mana penyelesaian Service Level Agreement (SLA) selesai dalam waktu 30 hari kerja, yang sebelumnya 90 hari kerja.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me