BI Rate Turun, Industri Properti Kian.. -1316378::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga (BI Rate) sebesar 25 basis poin di level 7 persen. Penurunan tersebut diharapkan mampu mendorong sektor properti, terutama dari sektor KPR.

Pengamat ekonomi, David Sumual mengatakan, terkait dengan penurunan suku bunga, memang beberapa bank sudah menurunkan suku bunga KPR-nya. Selain itu, aturan Loan To Value (LTV) pada pertengahan 2015 sudah dilonggarkan, sehingga hal tersebut diharapkan membuat pertumbuhan sektor properti kian tancap gas.

“Jadi memang kebijakan lebih longgar, LTV nya dilonggarkan sehingga containment-nya tidak setinggi dulu, uang muka tidak tinggi,”jelasnya kepada Okezone, Jumat (19/2/2016).

Dengan demikian, menurut David, kebijakan penurunan suku bunga acuan akan semakin mendorong sektor properti. Terutama didorong juga oleh kebijakan lainnya yang dibuat oleh pemerintah.

“Kemarin banyak kebijakan-kebijakan untuk mendorong sektor properti. Misalnya pajak dana investasi real estat (DIRE), kebijakan pajak barang mewah, kebijakan kepemilikan asing di properti,”ujarnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me