Kementerian PUPR Bentuk Lembaga Khusus.. -1316362::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berencana membentuk suatu lembaga khusus yang akan mengawasi para pengembang perumahan.

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus, pembentukan tersebut penting berkaitan dengan maraknya pengembang nakal yang merugikan pembeli properti, seperti yang baru-baru ini terjadi.

“Kita sudah diskusi, memang sudah ada pemikiran kami lembaga untuk mengawasi pengembang tapi apakah ini di bawah PUPR atau tidak,” kata Maurin usai menjadi pembicara dalam seminar Property & Mortgage Summit 2016, di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia menuturkan, jika lembaga tersebut telah dibentuk, kemungkinan besar akan berada di bawah koordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Sudah diusulkan ke Menteri PUPR rencana tersebut,” katanya.

Selain itu, sebagai tindakan preventif pemerintah, dia pun mengimbau agar para pengembang dari yang skala kecil sampai kelas ‘kakap’ untuk bergabung ke dalam asosiasi yang telah ada, seperti Real Estat Indonesia (REI) ataupun Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

“Pengembang dapat masuk ke asosiasi, biar asosiasi yang membina mereka secara langsung, kita sudah diskusi dengan asosiasi,” pungkas Maurin.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me