Pria 30 Tahun Ini Miliki 200 Real.. -1316685::Okezone Ekonomi

Big Banner

SYDNEY – Seorang pria 30 tahun asal Western Sydney, Australia, bernama Nathan Birch membeli sebanyak 18 properti pada awal 2016 ini. Dengan demikian, total portofolio properti real estat yang dia miliki kini genap mencapai 200 buah.

Sebanyak 200 buah real estat yang dia miliki tersebut nilainya setara dengan 50 juta dolar Australia atau Rp480 miliar (mengacu kurs Rp9.602 per dolar Australia).

Semua portofolio tersebut memberikan timbal balik (turn over) pendapatan sewa kotor senilai lebih dari 3,5 juta dolar Australia atau Rp34 miliar per tahun dengan keuntungan bersih 500 ribu dolar Australia atau Rp4,8 miliar.

Birch sepenuhnya menghasilkan sejumlah kekayaan ini berdasarkan hasil jerih payah dirinya sendiri dan bahkan dia tidak pernah mengenyam bangku kuliah. Dia hanya memulai karirnya sebagai pesuruh di sebuah kantor real estat, untuk menempelkan label ‘Dijual’ pada setiap rumah.

Dia membeli rumah pertamanya pada usia 18, ketika itu dia mendapatkan sekitar 30 ribu dolar Australia atau Rp288 juta per tahun. Rumah keduanya, dia beli hasil penghematan yang dia lakukan ketika dia bekerja sebagai salesman dan sesekali menjadi pelayan bar.

Hingga usia 24, dia tercatat memiliki sebanyak 14 properti dan kemudian mendirikan perusahaan real estat sendiri bernama Binvested.

“Strateginya sederhana. Saya membeli di bawah harga pasar di pinggiran kota yang lebih rendah dari harga dan sewa harus cukup untuk menutupi biaya KPR saya,” kata Birch, seperti dilansir dari laman Daily Telegraph, Sabtu (20/2/2016).

“Ketika nilai meningkat rumah saya menggunakan ekuitas saya telah mendapatkan untuk membantu membeli lebih banyak properti,” sambung dia.

Birch menambahkan, siapa pun bisa meniru kesuksesannya. “Anda harus membeli dengan rencana. Anda harus berpikir bagaimana setiap pembelian properti akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Ini adalah permainan angka,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, Birch mengaku tujuannya mungkin tampak tidak terlihat realistis untuk beberapa pihak. “Saya ingin mendorong portofolio capai 100 juta dolar Australia tahun ini,” katanya.

“Tujuan utama saya adalah untuk menjadi miliarder pada usia 40,” pungkasnya.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me