Perlu Lembaga Khusus untuk Perencanaan.. -1316734::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Pengamat ekonomi Aviliani mengimbau agar pemerintah dapat membentuk lembaga independen yang dapat memberikan informasi harga perumahan dan perencanaan harga perumahan.

“Lembaga itu akan mengatur dan memberikan informasi harga-harga, karena kalau di lembaga tertentu akan ada kepentingan-kepentingan,” ujarnya saat ditemui disela Seminar Property & Mortgage Summit 2016, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia menjelaskan, lembaga tersebut juga akan memfasilitasi antara pengembang, konsumen, serta perbankan jika terjadi permasalahan-permasalahan terkait pembiayaan perumahan.

“Mereka juga selain memberikan informasi harga rumah juga memberikan perencanaan tata ruang rumah, 50 tahun ke depan misalnya,” tutur Aviliani.

Menurut dia, lembaga yang disebutnya Lembaga Perencana Perumahan itu idealnya berada di bawah presiden langsung.

“Pengganti kementerian, karena kalau kementerian kan bisa berubah-ubah tiap ganti pemerintahan, lembaga yang benar-benar bisa memberi informasi harga, perencana perumahan,” katanya.

Lembaga itu juga, tambah Aviliani dapat difungsikan juga sebagai lembaga yang berwenang mengatur segmentasi. Sebab, selama ini dia berpendapat belum ada suatu lembaga khusus yang dapat mengatur segmen.

“Sebagai perencana perumahan di masa depan, jadi ada pemerataan, karena selama ini banyak yang punya rumah tapi dia-dia juga, karena tidak ada yang mengatur segmen,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, backlog perumahan yang terjadi juga salah satunya disebabkan karena tidak adanya lembaga independen yang fokus pada perencanaan perumahan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me