Trik Membuat Taman Sempit Terasa.. -1316755::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Setiap rumah baru yang ditawarkan pengembang selalu menyediakan taman di belakang dan depan rumah. Namun kadang, ukurannya yang kecil membuat pemiliknya kerap bingung dengan apa yang harus dilakukan terhadap taman tersebut.

Taman yang sempit pada akhirnya diubah menjadi ruang tambahan karena serba nanggung untuk dihias. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan terhadap taman yang sempit sekalipun. Sebagai tambahan, taman kecil membuatnya lebih mudah dirawat. Yang harus Anda ketahui adalah tips-nya, seperti dikutip dari Balkonie.com berikut:

 

1. Jangan sia-siakan area kecil

Ketika menghias taman, kita terbiasa mengabaikan area tertentu agar taman tidak terlihat terlalu ramai. Tetapi, ketika taman yang Anda miliki berukuran kecil, maka hal tersebut sebaiknya dihindari.

Manfaatkan area yang biasa diabaikan untuk menciptakan nuansa hijau pada rumah anda.Image via www.homedec.in.th

Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan dalam menghias taman kecil adalah terlalu banyaknya tanaman di satu area. Ini membuat taman justru terlihat sumpek.

Cara yang baik adalah tetap buat taman Anda terlihat simple atau sederhana dengan memilih maksimal empat tanaman saja. Tanaman-tanaman tersebut harus punya kemampuan untuk tumbuh dengan baik di area terbatas.

 

Taman akan terlihat luas dengan menempatkan tipe tanaman dan perawatan yang baik. Image via www.vm-home.com

2. Gunakan ornamen unik

Apabila Anda mempunyai taman yang mempunyai ukuran terbatas, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan ornamen untuk menambahkan pesona pada taman dan juga membuat area taman tidak terlihat membosankan.

Ada banyak pilihan tipe ornamen taman yang dapat Anda gunakan untuk menghias taman kecil Anda. Mulai dari ornamen yang tradisional seperti patung, hingga ornamen yang modern berbentuk bola-bola atau kubus.

3. Lush Oasis

Jika Anda penyuka tanaman, mempunyai taman yang berukuran kecil akan menyulitkan Anda untuk berkreasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk mengembangkan hobi Anda pada taman yang Anda miliki sekarang. Salah satunya dengan cara membuat area khusus pada taman menjadi lebih rimbun dari biasanya. Area ini disebut dengan lush oasis.

Cara menciptakan Lush Oasis adalah dengan menanamkan atau menempatkan tumbuhan dengan sangat berdekatan, sehingga tidak ada atau hanya terdapat sedikit ruang yang dimiliki masing-masing tumbuhan. Selain itu, dekorasi seperti ini ditempatkan di sudut taman dan ditambahkan wadah atau kotak tersendiri untuk menambah efek pada area itu sendiri.

Apabila Anda menanamkan tumbuhan secara berdekatan seperti ini, maka Anda harus selalu mengimbangi tanaman tersebut dengan air dan pupuk, sehingga tanaman tetap terlihat hijau dan subur sepanjang musim.

4. Area duduk outdoor

Inspirasi lain untuk mengubah taman kecil Anda adalah dengan cara merubah taman menjadi tempat duduk atau ruang makan outdoor untuk bersantai bersama keluarga dan teman.

Apabila Anda tertarik untuk membuat area santai ini, ada tiga tips yang dapat dilakukan untuk menambah suasana nyaman pada area duduk di taman. Tips pertama, tambahkan pagar yang cukup tinggi pada sekitar taman untuk memberikan privasi saat Anda bersantai.

Tips kedua untuk memberi kesan luas pada taman Anda adalah dengan menggunakan warna yang terang seperti putih pada lantai atau cat dinding taman. Gunakan juga furnitur dengan desain yang minimalis.

Tips yang terakhir, tambahkan bangku kecil atau bench untuk menciptakan area sosial pada taman Anda.

Taman berukuran kecil tidak menjadi penghalang Anda untuk menciptakan taman yang indah. Ini karena banyak inspirasi dan tips yang sangat mudah untuk mengubah taman Anda yang berukuran kecil menjadi taman yang menarik.

Inspirasi dan tips yang dapat Anda lakukan pada taman adalah sebagai berikut. Pertama, manfaatkan ruang pada taman Anda sebaik – baiknya. Kedua, gunakan ornamen taman yang unik dan menarik. Ketiga, buat lush oasis pada pojok taman untuk mengumpulkan koleksi tanaman Anda. Keempat, berkreasi dengan taman vertical pada dinding taman. Terakhir, Anda dapat mengubah taman Anda menjadi tempat untuk bersantai atau meja makan outdoor.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me