Fakta Rumah Igloo Milik Suku Eskimo -1316748::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Eskimo merupakan sekumpulan orang-orang yang mendiami daerah kutub bumi, namun tidak termasuk Skandinavia dan sebagian besar Rusia. Kelompok ini masuk di bagian paling timur Siberia.

Salah satu keunikan yang dimiliki kelompok Eskimo adalah rumah es berbentuk setengah lingkaran yang dikenal dengan nama Igloo.

Pada dasarnya rumah Igloo terbuat dari salju yang dipadatkan. Namun ternyata, Eskimo tidak serta merta tinggal di rumah es dalam jangka waktu lama. Rumah igloo terbuat dari es tersebut, digunakan sebagai rumah sementara pada saat kondisi berburu di musim salju.

Sedangkan untuk rumah permanen, igloo dibuat dari material kayu, tulang paus yang ditutup dengan kulit ikan hiu. Walaupun terbuat dari salju, kelompok Eskimo kerap membakar minyak hiu sebagai penghangat dan cahaya.

 

Apabila frekuensi musim panas lebih singkat, kelompok Eskimo akan tinggal di tenda-tenda yang terbuat dari kulit binatang. Setidaknya terdapat tiga tipe rumah berjenis igloo yang kerap dijadikan role model kelompok Eskimo, antara lain:

1. Igloo berukuran kecil dibangun dalam waktu 1-2 malam. Biasanya rumah ini hanya digunakan untuk perjalanan kelompok Eskimo, untuk menunjang kebiasaan Kelompok Eskimo yang kerap menjelajah lautan es.

2. Igloo berukuran sedang dibangun untuk rumah semi permanen yang biasa digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah jenis ini biasanya hanya terdiri dari 1-2 ruangan yang bisa menampung dua keluarga. Bila Anda ada kesempatan berkunjung ke daerah kutub, rumah berukuran ini aka dijumpai pada wilayah pedesaan.

3. Igloo berukuran besar dibangun untuk menampung sebanyak 20 orang, dan merupakan rumah permanen di musim panas.

Lalu, bagaimanakah konstruksi rumah Igloo yang terbuat dari salju tersebut?

 

Salju sebagai material utama dasar rumah Igloo harus memiliki kekuatan struktural yang cukup, sehingga bila dipotong dan ditumpuk tidak akan mudah roboh.

Jenis salju terbaik yang bisa digunakan adalah salju yang telah ditiup oleh angin, dan dapat berfungsi dapat mengunci kristal es.

Dilansir dari britannica.com rumah Igloo dibuat juga dari blok persegi panjang berukuran sekitar 2-4 kaki, atau setara dengan 60cm-120cm. Dinding es memiliki ketebalan 20 cm. Ventilasi dari rumah Igloo ini terletak di atas langit-langit berbentuk kubah.

Lubang yang dibuat dari salju, biasanya digunakan sebagai bagian bawah dari tempat penampungan es yang mencair. Kadang-kadang, dibuat juga terowongan pendek di pintu masuk untuk mengurangi angin dan panas loss ketika pintu dibuka.

Hal itu bertujuan sebagai isolator (bahan penghantar panas yang buruk) sehingga dapat menjaga suhu dalam rumah agar tetap hangat. Selain itu, pintu rumah Igloo yang terbuat dari kulit binatang akan menjaga udara hangat. Kulit binatang yang biasa digunakan adalah kuling dari Anjing kutub.

Satu keunikan arsitektur dari rumah Igloo adalah langit-langit yang berbentuk kubah. Tahukah Anda, untuk mengukur kekuatan rumah Igloo ternyata dilakukan dengan cara dinaiki. Para pendiri rumah akan menaiki kubah rumah Igloo secara bersamaan. Artinya, rumah Igloo yang dibangun dengan benar tentu akan mendukung berat dari orang yang berdiri di atap.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me