33 Pulau Kecil di Pandeglang Punya.. -1317193::Okezone Ekonomi

Big Banner

PANDEGLANG – Pulau-pulau yang terdapat di wilayah perairan daerah Kabupaten Pandeglang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Pasalnya, pulau-pulau tersebut memiliki potensi yang besar.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang Nandar Suptandar.

“Bisa dikelola dan semuanya memiliki potensi yang bagus. Pemkab membuka kesempatan bagi siapa pun yang mengelola pulau itu,” katanya, di Pandeglang, Sabtu (20/2/2016).

Mengenai peluang pengelolaan oleh investor, menurut dia, sangat dimungkinkan, karena tidak ada larangan untuk bekerja sama dengan pihak ketiga, yang penting untuk kegiatan positif.

“Bisa saja, kalau ada pengusaha yang ingin mengolola pulau kecil, untuk kegiatan ekonomi, kita akan persilakan, yang penting tidak merugikan bangsa dan negara. Contohnya untuk kegiatan pariwisata,” kata dia.

Dia juga menyatakan optimistis pulau kecil memiliki potensi ekonomi kalau pengelolaannya dilakukan secara baik dan benar.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, juga telah merencanakan untuk mengelola pulau-pulau yang ada, yang disesuaikan dengan potensi masing-masing.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar Riyadi menyatakan pengelolaan pulau-pulau kecil di wilayah perairan daerah itu melibatkan lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Dia menyatakan, pulau-pulau tersebut memiliki potensi yang cukup besar untuk berbagai kegiatan bersifat ekonomis, namun pengelolaannya tidak bisa hanya oleh satu SKPD.

Menurut dia, berdasarkan hasil pendataan di perairan Pandeglang terdapat 33 pulau, di antaranya Pulau Umang, Oar, Peucang, Panaitan, Deli, Tinjil dan Badul.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me