Harga Rumah Diatur, Program Sejuta.. -1318184::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Rencana pemerintah untuk memegang kendali atas harga rumah komersil dianggap akan menghambat pelaksanaan program sejuta rumah.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pengembang Perusahaan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Eddy Ganefo kepada Okezone di Jakarta, Senin (22/2/2016).

“Tidak bisa kalau pemerintah atur harga rumah komersil, itu akan bertentangan dengan program sejuta rumah yang malah membuat program tersebut terhambat,” kata Eddy.

Sebelumnya, Eddy menyarankan, daripada pemerintah mengatur harga yang memang sedari awal sudah mengikuti mekanisme pasar, lebih baik pemerintah memberlakukan pajak progresif untuk rumah komersil dengan harga-harga tertentu.

“Atau dibuat pajak progresif misalnya dengan harga Rp1 miliar pajaknya di atas 5 persen, terus di atas Rp2 miliar lebih besar sekian persen,” imbuh Eddy.

Apersi sendiri, tambah Eddy, menargetkan dapat membangun 100 ribu rumah untuk mendukung program sejuta rumah pemerintah. Namun, hingga awal tahun ini pihaknya masih menjual sekira 10 ribu unit yang merupakan sisa dari target tahun 2015.

“Tetapi sekarang mash jualan juga sisa tahun lalu, untuk tahun ini kita tidak akan mulai bangun sebelum dapat konsumen yang sudah tanda jadi,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me