Kawasan Jakarta Selatan Masih Jadi.. -1318154::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Jakarta Selatan, adalah salah satu dari lima kota administrasi dan satu kabupaten administrasi DKI. Di sebelah utara, Jakarta Selatan berbatasan dengan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Sedangkan di sebelah timur, wilayah ini berbatasan dengan Jakarta Timur. Kota Depok berada di sebelah selatannya, sementara di sisi barat berbatasan dengan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Mengamati perkembangannya sejak beberapa tahun silam, Jakarta Selatan terus berbenah diri dengan menawarkan sejuta pesonanya di sektor properti. Meski lahan sudah terbatas, namun nyatanya pembangunan hunian tapak maupun vertikal masih mudah ditemukan di sini. Tak ayal jika kondisi ini memacu pertumbuhan bisnis komersial, yang saat ini sudah nampak jelas terpampang lewat kawasan TB Simatupang.

Kawasan incaran properti sewa dan jual

Berdasarkan data yang dihimpun Rumah.com sepanjang tahun 2015 lalu, pencarian properti sewa paling laris di Jakarta Selatan berada di kawasan Kalibata, yang menempati urutan keempat setelah Gading Serpong. Lalu disusul Tebet yang menduduki posisi kelima dengan jumlah pencarian sebanyak 24.312 kali.

Area lain di selatan Jakarta yang juga diminati pencari properti sewa adalah Cipete, Kemang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Cilandak yang berada di posisi terakhir (urutan ke-19). Diperkirakan pencarian hunian sewa ini diminati oleh para ekspatriat yang bekerja di kawasan sentra bisnis TB Simatupang.

Pasalnya, selain banyak perusahaan multinasional yang berlokasi di sana, TB Simatupang dan area sekitarnya juga menyediakan ragam pusat perbelanjaan ternama serta tempat hiburan. Faktor inilah yang akhirnya menjadi alasan mereka untuk menetap di sini.

Sementara untuk pencarian hunian dijual, Jagakarsa menempati urutan keenam setelah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Meski sudah padat penduduk, namun Jagakarsa masih disebut sebagai lokasi favorit untuk tinggal. Tak heran, sejumlah perumahan baru terus bermunculan di sini, sebut saja Adora Townhouse, Linea Haus, Akasha Jagakarsa, Villa Kanaya, hingga Griya Torina Keranji.

Tebet dan Pondok Indah kembali muncul dalam deretan pencarian properti dijual dari data yang dikumpulkan Rumah.com. Hanya saja keduanya berada di urutan terbawah, dan kalah saing dengan wilayah perbatasannya seperti Pamulang dan Bekasi Barat.

Keistimewaan Jakarta Selatan

Achmad Setiadi, Direktur Utama PT Pardika Wisti Sarana menuturkan beberapa alasan mengapa Jakarta Selatan hingga kini masih menjadi primadona properti. Menurutnya, komposisi yang ideal dari wajah Jakarta Selatan merupakan salah satu penyebabnya.

“Dulunya kan selatan ini didominasi oleh hunian saja. Namun seiring waktu bisa dilihat sendiri bagaimana kondisi Jakarta Selatan saat ini. Komposisi antara tempat tinggal, perkantoran, dan area komersial yang berkembang secara seimbang, membuat wilayah ini memang layak huni. Apalagi dari segi kesehatan, beberapa kawasan di Jakarta Selatan masih dipenuhi oleh pohon rindang dan taman kota, yang membuat suasananya semakin sejuk dan udaranya pun cukup bersih.

property.okezone.com