Pemerintah Harusnya Beri Pajak.. -1317993::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Rencana pemerintah untuk mengatur harga rumah komersil dinilai tidak tepat oleh pengembang. Tindakan tersebut pun dianggap tidak masuk akal.

Menurut Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) Eddy Ganefo, harga rumah komersil saat ini tidak bisa diatur karena masih mengikuti mekanisme pasar.

“Bingung juga bagaimana mengaturnya, karena kan rumah komersil ya nonsubsidi, jadi selama ada permintaan harga rumah akan semakin tinggi,” kata Eddy kepada Okezone, Senin (22/2/2016).

Dia pun menuturkan, pemerintah bisa mengatur asalkan dengan memberikan sejumlah insentif kepada pengembang dan konsumen, seperti halnya harga rumah subsidi semisal dengan pembebasan pajak.

“Mekanismenya seperti apa dulu, tapi kalau langsung mengatur tanpa adanya insentif tidak akan bisa, ngawur itu,” imbuhnya.

Edy menambahkan, pemberlakuan pajak progresif untuk rumah komersil dapat dijadikan sebagai alternatif yang dilakukan pemerintah.

“Selain pembebasan, pajak progresif juga bisa, misalnya rumah di atas Rp1 miliar kena pajak sekian persen, di atas Rp2 miliar pajaknya lebih besar,” terang Eddy.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me