Jika BI Rate 6,5%, Sektor Properti.. -1316728::Okezone Ekonomi

Big Banner

JAKARTA – Pengamat properti Matius Yusuf memperkirakan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) masih bisa turun hingga menjadi 6,5 persen hingga akhir 2016. Bila ini terjadi, maka dia memandang pertumbuhan sektor properti Indonesia akan semakin terdongkrak.

Dia menjelaskan, bila BI bisa kembali menurunkan tingkat suku bunganya hingga menjadi 6,5 persen, maka akan memberikan multiplier effect yang luar biasa. Mengingat dalam sektor properti berkaitan erat dengan 175 produk industri.

“BI rate masih ada peluang bisa turun lagi hingga capai 6,5 persen hingga akhir tahun ini. Sektor properti ini akan bisa berikan multiplier effect luar biasa pada ratusan industri lainnya,” katanya kepada Okezone, belum lama ini.

Dia memandang, kemungkinan penurunan tersebut didasar oleh pertimbangan akan berlakunya kebijakan pemerintah yang ingin menghapus pajak terutang akibat mangkir dari pembayaran pajak. Seperti diketahui, kebijakan ini pun kemudian disebut dengan pengampunan pajak (tax amnesty).

“Karena kalau tax amnesty itu sudah diberlakukan tahun ini, sumber dana yang dari luar negeri akan balik lagi. Sehingga dana yang mengalir ke Indonesia kembali banyak,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BI telah memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin hingga menjadi 7 persen dari sebelumnya 7,25 persen. Dengan demikian, ini kedua kalinya BI menurunkan tingkat suku bunga acuannya pada tahun ini.

Keputusan BI menetapkan tingkat suku bunga acuan ini seiring dengan perkiraan dari berbagai pihak, baik dari lembaga eksekutif, legislatif maupun pelaku pasar. Di mana pihak-pihak tersebut meyakini BI mempunyai ruang yang cukup untuk menurunkan BI Rate.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga berharap agar BI dapat kembali menurunkan tingkat suku bunga acuan. Pasalnya, penurunan BI Rate sebelumnya belum begitu terasa untuk dunia usaha. Untuk itu, penurunan ini perlu dilakukan oleh BI dalam rangka memberikan kepastian kepada para investor.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me