Museum Bengkulu Pamerkan Biografi.. -1319204::Okezone Ekonomi

Big Banner

BENGKULU – Museum Negeri Bengkulu bekerja sama dengan Museum Kebangkitan Nasional memamerkan biografi tiga tokoh nasional yakni Soekarno, Oemar Said Tjokroaminoto, dan Ahmad Dahlan di aula museum Bengkulu.

Kepala Seksi Pengkajian Koleksi Museum Kebangkitan Nasional Isnudi di sela-sela pameran mengatakan pameran tersebut bertujuan memupuk semangat kesatuan, membangun karakter dan jati diri bangsa.

“Pameran keliling ini kami gelar bersamaan di dua daerah di Sumatera yakni Bengkulu dan Padang, Sumatera Barat,” kata Isnudi.

Isnudi mengatakan kedua tokoh tersebut memiliki jasa besar dalam perjuangan kemerdekaan dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tjokroaminoto dijuluki Guru Bangsa, Soekarno Sang Proklamator Republik Indonesia, sedangkan Ahmad Dahlan dijuluki Sang Pencerah.

Dia mengatakan pameran yang digelar di aula Museum Bengkulu itu berlangsung selama lima hari, mulai 22 Februari hingga 27 Februari yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Pantauan di aula museum itu, ratusan pelajar SD, SMP dan SMA memadati ruang pameran tersebut dan membaca dengan serius biografi ketiga tokoh bangsa itu.

Hidayat, pelajar Kelas II SMA Negeri 8 Kota Bengkulu mengatakan dari ketiga tokoh itu, ia mengidolakan Tjokroaminoto karena idealismenya.

“Beliau memilih keluar dari pemerintahan dan berjuang dari luar sistem kemudian berjuang untuk melepaskan Indonesia dari belenggu penjajah,” katanya.

Pelajar lainnya, Nurjanah dari SMP Alkarim Kota Bengkulu, mengatakan perjalanan hidup dan perjuangan ketiga tokoh nasional itu menambah wawasannya tentang sejarah pembentukan Republik Indonesia.

Selama ini kata pelajar Kelas II itu, dirinya belum mengetahui tentang dua tokoh nasional Tjokroaminoto dan Ahmad Dahlan seperti mengenal Sokerno sang Bapak Republik.

“Setelah membaca biografi dan kisah hidup mereka, ternyata kedua tokoh ini memiliki peran besar untuk Indonesia,” katanya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me