Penataan Kota Jadi Prioritas Pemkab.. -1318954::Okezone Ekonomi

Big Banner

SINGARAJA– Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan setempat fokus melakukan penataan Kota Singaraja sebagai persiapan penilaian Adipura 2016.

“Sebelumnya sudah dilakukan rapat membahas hal itu lebih intensif lagi dengan DKP, Satpol PP dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Buleleng, ” kata Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra di Singaraja, Selasa (23/2/2016).

Dia menjelaskan, Pemkab Buleleng serius melaksanakan penataan wilayah Kota Singaraja guna mendapatkan tropi adipura, salah satu penghargaan bagi daerah yang dapat melakukan penataan kota dengan baik sesuai beberapa kriteria yang sudah ditentukan.

“Saya atas nama Pemkab Buleleng sangat berharap kepada seluruh lurah yang ada di lingkungan camat Buleleng untuk mulai membersihkan lingkungannya supaya Kota Singaraja terlihat lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Wabup Sutjidra memaparkan persiapan dan pematangan tata kota akan terus diintensifkan karena memang target penilaian dilakukan pada Juni 2016.

Selain itu, kata dia, sesuai dengan arahan Bupati Buleleng bahwa pada 2016, Pemkab akan fokus membenahi Kota Singaraja dan fokus juga menargetkan untuk bisa meraih tropi adipura.

“Dimana dalam hal ini diperlukan sinergitas dari DKP Buleleng dengan lurah dan yang terbawah dengan kepala lingkungan yang ada di lingkungan Camat Buleleng bagaimana menjaga lingkungan di wilayahnya masing-masing supaya tetap terjaga,” demikian Sutjidra.

Sementara itu, Kepala DKP Buleleng, I Nyoman Genep mengatakan pihaknya rutin berkoordinasi dengan camat, kepala desa, pengusaha swasta dan sekolah menyosialisasikan program kebersihan sehingga dapat dipahami dengan baik dan diaplikasikan semua kalangan.

“Kami juga rutin bekerja sama dengan RRI dan beberapa radio swasta di Singaraja memberikan pemahanan mengenai pengelolaan sampah, terutama sekali terkait dengan waktu (timing) membuang sampah di tempat pembuangan sampah sementara (TPST),” paparnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya kini menambah beberapa “kontainer”, tempat sampah berukuran besar di beberapa titik penting di dalam kota. “Kami sudah menambah di daerah Panji-Tukadmungga, perempatan Panji, pintu masuk Kota Singaraja di Jalan Ahmad Yani dan beberapa tempat lain,” kata dia sembari menyatakan akan segera menambah tempat sampah besar di dalam Kota Singaraja.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me