Kawasan Superblok Memberikan Banyak Keuntungan

Big Banner

JAKARTA – Banyak orang memimpikan memiliki hunian di kawasan superblok atau mixed use terpadu yang berlokasi di tengah Kota Jakarta. Hunian di kawasan superblok memang menjanjikan kemudahan akses dekat dengan lokasi kerja dan memiliki beragam fasilitas untuk keluarga.

Kawasan superblok atau biasa disebut juga dengan mix used merupakan konsep kawasan terpadu yang di dalamnya menyediakan beragam fasilitas hunian dan sarana umum seperti apartemen, hotel, kantor, sarana pendidikan, dan pusat perbelanjaan yang berada dalam satu lokasi.

Saat ini kawasan superblok tidak hanya menjamur di Jakarta, juga sudah menjalar hingga daerah penyangga ibu kota seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Tinggal dan beraktivitas di dalam kawasan superblok sudah menjadi kebutuhan kaum urban yang memiliki mobilitas dan kesibukan yang tinggi. Apalagi jika tempat tinggal dan kantor berada di satu superblok yang sama. Kebutuhan akan hiburan dan belanja pun tersedia di mal yang ada di kawasan tersebut. Karena itu, saat ini kawasan superblok menjadi tren tempat tinggal masa kini.

Misalnya Adrin Merabawa, 35, dan istrinya Murni, 35. Setelah menikah, pasangan ini memutuskan untuk tinggal di kawasan superblok di daerah Pluit, Jakarta Utara. Berbagai pertimbangan, mereka pikirkan sebelum menjatuhkan pilihan pada apartemen di kawasan superblok tersebut. Lokasi yang sama dengan tempat kerjanya jadi alasan utama Adrin dan istrinya memilih tinggal di kawasan superblok ini.

“Sebelum pilih apartemen sebenarnya ada beberapa pilihan lain, tapi apartemen di kawasan superblok ini dirasa lebih praktis dan fasilitasnya juga lebih lengkap,” kata Adrin. Sering meninggalkan istrinya karena pekerjaan juga menjadi alasan Adrin memilih apartemen di kawasan superblok ini menjadi tempat tinggal yang pas. Menurut dia, keamanan tinggal di kawasan superblok lebih terjamin, dan tamu yang akan masuk ke apartemen pun biasanya harus mendapatkan konfirmasi terlebih dahulu dari pemiliknya.

Selain itu, sistem keamanan di daerah ini sudah dilengkapi kamera CCTV. Dengan begitu, keamanan lingkungan lebih mudah terpantau. Namun, beberapa orang terkadang berpikir ulang untuk tinggal di kawasan superblok, masalah utama yang selalu dipertanyakan adalah biaya operasional yang tinggi.

Contohnya Adrin dalam sebulan hanya mengeluarkan uang Rp400.000 per bulan. Akan tetapi, Adrin menuturkan bahwa biaya operasional tersebut sesuai dengan fasilitas yang ia dapatkan. Fasilitas pendukung seperti pusat kebugaran, belanja, tempat tinggal nyaman, dan kantor pun bisa ia nikmati tanpa harus keluar dari kawasan superbloknya. Keuntungan inilah yang belum tentu didapatkan jika tinggal di perumahan.

Bagi Anda yang bingung mencari hunian, tidak ada salahnya mencari hunian di apartemen kawasan superblok. Lokasi tempat tinggal yang dekat dengan kantor dan berbagai fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan membuat Anda menghemat waktu. Dengan begitu, Anda pun memiliki banyak waktu luang untuk istirahat dan berkumpul dengan keluarga. Belum lagi berbagai fasilitas yang siap memanjakan Anda sehingga tidak perlu repot-repot membeli kebutuhan seharihari di luar.

Itu karena di sekitar kawasan superblok sudah tersedia pusat perbelanjaan, fasilitas olahraga, rekreasi, dan jogging track yang siap melengkapi kebutuhan penghuninya. Jadi, tertarik tinggal di kawasan superblok yang sarat dengan beragam kemudahan fasilitasnya?

property.okezone.com