Pengusaha: Tapera Ditetapkan Pemerintah, yang Bayar Kita

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (RUU Tapera), namun pemerintah belum menentukan besaran simpanan tersebut. Besaran simpanan Tapera akan diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) dan maksimal 3 persen.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengharapkan jika dalam menyusun PP terkait besaran iuran Tapera, pengusaha dilibatkan semaksimal mungkin.

“Jangan pemerintah menetapkan segini, terkadang kita bingung, yang menetapkan pemerintah tapi yang bayar kita, seharusnya kita dong yang ditanya berapa bukan pemerintah yang menetapkan sendri, ini juga kegalauan-galauan yang kita hadapi saat ini,” jelasnya di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Menurutnya, Kadin sudah menyuarakan ketidaksetujuannya dalam Tapera, namun pemerintah tetep mengesahkannya. Untuk itu, dirinya berharap dalam menyusun PP, pengusaha dilibatkan.

“Karena itu sudah diundangkan, makanya kami berharap menyusun PP-nya, pengusaha dilibatkan secara maksimal, jangan lagi dipusingngkan pemerintah, orang kita yang tahu kemampuan kita, ini pemerintah main tunjuk, jadi kita harakan begitu, berapa angka yang boleh dikatakan sedikit tidak membebankan dunia usaha, karena kalau membebankan sudah pasti, tapi bisa diliat berapalah angka yang realistis,” jelasnya.

Sarman juga berharap pemerintah lebih berhati-hari dalam menyusun PP tersebut. “Itu yang kita harapkan, agar menyusun PP ini berhati-hatilah,”tambahnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me