Atasi Masalah Rumah, Tidak Bisa Hanya Andalkan Tapera

Big Banner

JAKARTA – Penyediaan dana murah bagi para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendapat rumah kini menjadi permasalahan yang belum juga mampu diretas pemerintah.

Sejumlah kebijakan pun dibuat sebagai salah satu upayanya, di antaranya yang baru-baru ini adalah disahkannya UU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Namun, menurut pengamat perumahan dan permukiman Jehansyah Siregar, ada upaya lain yang seharusnya bisa dilakukan pemerintah, yakni menguasai land bank atau bank tanah.

“Pemerintah seharusnya buat rencana untuk menguasai land bank, selain mengelola sumber-sumber dana jangka panjang Tapera, dengan dana jangka panjang dan bank tanah itu sudah bisa memproduksi perumahan besar sekali dan harganya jauh di bawah pasar,” katanya kepada Okezone, Jumat (26/2/2016).

Dia juga mengatakan, jika Tapera tetap dijalankan, badan pengelola dari dana tabungan tersebut harus juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai penyedia perumahan.

“Karena selama ini pengumpulan dana untuk perumahan selalu tinggi, pemerintah kita jago mengumpulkan duit rakyat, tapi penyediaan rumahnya ini selalu keteter,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPR pada Selasa 23 Februari 2016 telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tapera. Meski begitu pemerintah belum menetapkan besaran iuran yang dibebankan kepada pekerja.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me