Pemerintah Janji Libatkan Pengusaha Tentukan Iuran Tapera

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melibatkan semua stakeholder termasuk pengusaha untuk menentukan iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus untuk menanggapi keberatan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) atas iuran Tapera.

“Pemerintah sudah mendengar aspirasi dari Apindo dan kami akan membahas dengan semua stakeholder untuk menentukan berapa besaran iuran,” kata Maurin, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (26/2/2016).

Maurin menyampaikan bahwa sekarang ini iuran Tapera belum ditetapkan karena dalam Undang-undang (UU) Tapera tidak ada ketentuan besaran iuran. Soal iuran akan diatur dalam PP (peraturan pemerintah) yang akan dibuat paling lambat 2 tahun setelah UU Tapera diundangkan.

Dia mengatakan, Rancangan Undang-undang (RUU) Tapera merupakan insiatif DPR dan pada draft awal memang disebutkan besaran iuran yaitu tiga persen, dengan skema 2,5 persen dibayar oleh pekerja dan 0,5 persen oleh pemberi kerja. Akan tetapi pemerintah usulkan agar ketentuan besaran iuran tidak dimasukkan dalam undang-undang namun ditentukan dalam PP.

Menurutnya, negara perlu hadir untuk menyejahterakan rakyat terutama di bidang perumahan dan adanya UU Tapera ini sudah tepat. Karena salah satu yang positif dari UU Tapera ini adalah memberikan rumah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Saat ini backlog hampir 15 juta, artinya 15 juta keluarga tidak memiliki rumah dan kebutuhan per tahun mencapai 800.000 unit,” katanya.

Lanjutnya, Tapera ini dibangun dengan asas prinsip gotong royong. Masyarakat yang mampu membantu yang tidak mampu namun masyarakat mampu tidak akan rugi. Karena saat sudah berakhir masa kepesertaannya masyarakat yang mampu tersebut akan menerima hasil dari iurannya ditambah hasil investasi.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me