Jangan Jadi Stempel, BP Tapera Diminta Bangun Rumah

Big Banner

JAKARTA – Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) seharusnya tidak hanya mengelola dana untuk pembiayaan perumahan saja, tetapi lembaga tersebut bertanggung jawab terhadap pengadaan atau pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Demikian diutarakan oleh Dosen Kelompok Keahlian Perumahan Permukiman Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SKPPK) Institut Teknologi Bandung (ITB), yang juga menjadi pengamat perumahan, Jehansyah Siregar kepada Okezone, Kamis (25/2/2016).

“Kalau di UU Tapera itu kan dipisah antara yang mengelola dan si penyedia perumahannya, seharusnya lembaga yang mengumpul dana itu diberi tanggung jawab juga sebagai penyedia perumahannya,” tutur Jehansyah.

Dia berpendapat, dengan difungsikannya juga sebagai penyedia perumahan, maka lembaga pengelola dana Tapera tidak bisa dengan seenaknya mengalirkan dana dari rakyat tersebut untuk kepentingan lain.

“Jadi jangan sampai hanya untuk stempel saja itu tabungan perumahan untuk memungut uang rakyat, kaya Bapertarum yang uangnya Rp8 sampai Rp9 triliun, tapi banyak dari PNS yang belum punya rumah, tapi duitnya selama ini kemana?,” pungkas Jehansyah.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me