4 Syarat Membangun Rumah Pintar

Big Banner

JAKARTA – Bosan dengan konsep rumah modern tanpa adanya sesuatu yang berbeda dan canggih di dalamnya? Mungkin rumah berbasis teknologi atau yang lebih dikenal dengan sebutan smart home, dapat menjadi inspirasi baru untuk Anda.

Di Indonesia, konsep rumah pintar sejak beberapa tahun silam mulai ditawarkan oleh beberapa pengembang. Hal ini dilakukan untuk menarik minat pasar yang terus menginginkan inovasi pada tempat huniannya. Namun, bisakah rumah yang sudah ada saat ini diubah menjadi smart home? Jawabannya, tentu bisa.

Sebelum mengembangkan konsep smart home, ingat, bahwa ada beberapa langkah yang harus dipikirkan secara matang. Berikut empat syarat wajib yang dipaparkan oleh Arsitek Arades Living, Astrid Hapsari Raharjo.

1. Kenali siapa yang akan tinggal di rumah tersebut dan apa saja kebiasaannya.

2. Perhatikan lokasi rumah. Apakah sudah ditunjang oleh infrastruktur dan teknologi yang baik untuk menerapkan smart home.

3. Buat rancangan bujetnya. Tentukan produk mana yang akan dipakai, tipe smart home, dan seberapa banyak aspek yang akan terintegrasi dengan teknologi tersebut.

4. Tentukan prioritas. Apa saja yang akan diutamakan, misalnya security system, electrical usages, dan lain sebagainya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me