Top Property: White House Dijual hingga Bunga KPR

Big Banner

JAKARTA – Tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI Rate) sudah diturunkan sebanyak 25 basis poin (bps). Meski demikian, beberapa pihak memandang BI Rate masih bisa turun menjadi 6,5 persen hingga akhir 2016. Bahkan, bila ini terjadi, maka akan semakin terdongkraknya sektor properti Indonesia.

Agar sektor properti terdongkrak, diperlukan pula suatu peranan dari pihak perbankan yang harus segera menurunkan tingkat suku bunga kreditnya. Pengamat Properti Matius Yusuf mengatakan, perbankan biasanya akan menurunkan sekira satu atau dua bulan kemudian, setelah BI rate diturunkan. Pasalnya, perbankan membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian.

Sementara itu, properti di Amerika Serikat (AS) mulai memperlihatkan beberapa keunikannya. Contohnya saja sebuah replika rumah kepresidenan atau yang biasa disebut White House dibanderol Rp80,4 miliar.

Seolah tak mau kalah dari AS, Dubai pun akan segera membangun rumah susun (rusun) mewah dilengkapi lift mobil. Proyek rumah susun ini bernama Aykon City, terdiri dari enam menara dan lokasinya akan berdekatan dengan pengembangan Dubai Canal.

Di sisi lain, di tengah bisnis properti mengalami perlambatan, sebuah pasar perumahan bawah tanah bawah tanah yang tergolong ilegal semakin berkembang pesat di Beijing, yang merupakan Ibu Kota China tersebut. Keberadaan rumah bawah tanah ini menjadi primadona bagi migran yang berpenghasilan rendah.

Dua isu terkait tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI) terhadap penurunan suku bunga kredit perbankan merupakan berita yang menjadi perhatian pembaca Property Okezone. Selain itu, masih ada beberapa isu yang menjadi topik terpopuler yang diklik pembaca. Berikut rangkuman berita selengkapnya:

‘White House’ Dibanderol Rp80,4 Miliar

Replika rumah kepresidenan Amerika Serikat (AS), Gedung Putih atau White House dibanderol di bawah USD6 juta, tepatnya USD5,99 juta atau setara Rp80,4 miliar (mengacu kurs Rp13.420 per USD). Rumah ini cocok bagi Anda yang sangat mengagumi arsitektur Gedung Putih ataupun cocok bagi yang terobsesi menjadi Presiden AS.

Replika Gedung Putih ini terletak di luar kota Houston, tepatnya Morgan Point, Texas. Tadinya, rumah yang dibangun pada 1920 ini diperuntukkan bagi mantan Gubernur Texas, Ross S Sterling. Ukuran rumah ini sekira 20.000 kaki persegi, yang memang tergolong kecil bila dibandingkan dengan ukuran Gedung Putih sebenarnya, yang sekira 55.000 kaki persegi.

Sayangnya, di rumah replika ini tidak ada ruang oval yang biasa digunakan untuk Presiden AS. Tapi seperti Gedung Putih aslinya, replikanya ini memiliki ruang biliar dan home theatre. Selain itu, juga tidak akan ada pemandangan air mancur dari serambi bertiang seperti aslinya, yang ada hanyalah pemandangan teluk lepas Galveston Bay.

property.okezone.com