Mencari Kota Satelit untuk Hunian

Big Banner

JAKARTA – Meski tinggal di tengah kota masih menjadi idaman untuk hunian, namun belakangan ini area penyanggah justru menjadi primadona. Menurut riset yang dilakukan oleh Rumah.com, dari 10 kawasan favorit bertempat tinggal di Jabodetabek, spot pertama ditempati oleh Bintaro yang lokasinya ada di pinggiran Jakarta Selatan. Di peringkat tiga terdapat kawasan mandiri BSD disusul dengan Gading Serpong.

Dengan pasaran harga jual yang relatif masih bisa dijangkau pekerja kalangan menengah, tidak ada salah nya untuk membidik salah satu kota satelit sebagai tujuan tempat tinggal. Tapi, bagaimana caranya menemukan area yang pas? Melalui artikel yang dinukil dari domain.com.au berikut ini, ternyata ada lima langkah untuk Anda menemukan kawasan yang pas.

 

1. Fasilitas publik

Salah satu faktor utama yang membuat orang memilih area penyanggah untuk bertempat tinggal adalah kelengkapan fasilitas publiknya. Coba Anda apakah perumahan yang ingin dibeli memiliki lokasi dekat taman kota, pertokoan atau objek wisata? Dapatkah Anda menjangkau transportasi publik dengan jarak tempuh kurang dari 500 meter dari hunian? Selain itu, berapa waktu tempuh yang dibutuhkan jika berkendara dari hunian dari supermarket atau pusat perbelanjaan besar?

Beberapa faktor tersebut wajib masuk dalam pertimbangan Anda. Untuk mengetahui informasi semacam itu, Anda tidak perlu repot-repot melakukan riset ke lokasi, karena Rumah.com menayangkan resensi proyek untuk proyek terbaru di sekitar Anda. Di segmen lokasi, akan dibahas tuntas fasilitas umum dan transportasi terdekat yang ada di sekitar perumahan.suburb1

2. Adanya sekolah terdekat

Bagi keluarga muda yang baru saja memutuskan untuk membeli rumah pertamanya, sekolah patut menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi. Terlebih jika Anda ingin memilih sekolah unggulan untuk si buah hati. Mungkin Anda masih asing mengenai kawasan baru yang akan ditempati, oleh karena itu coba cari informasi yang lengkap mulai dari sekolah dini, sekolah dasar, sampai dengan sekolah menengah pertama.

Informasi ini nantinya akan sangat berarti bagi Anda. Tidak hanya mudah mengantarkan buah hati sampai ke sekolah mereka, tapi properti yang punya lokasi dekat dengan pusat pendidikan akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Sebagai contoh Jasmine Residence yang hanya berjarak kurang dari 500 meter dari preschool Bumi Bambini dan sekolah Tara Salvia.

3. Lingkungan yang menyenangkan

Bagi beberapa orang, lingkungan masyarakat kota penyanggah lebih menyenangkan. Dengan kekerabatan sosial yang masih kental, Anda bisa mengikuti beberapa acara dan bazaar komunitas yang ada disekitar kawasan. Cari tau acara apa yang akan berlangsung atau tradisi perayaan yang biasa dilakukan di sekitar perumahan. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari masyarakat setempat atau bahkan koran lokal.

4. Rencana proyek pembangunan

Jika Anda menganggap bahwa daerah penyanggah terlihat kurang menarik, coba pikirkan proyek masa depan yang sedang dirancang! Beberapa kota penyanggah seperti Bodetabek kini tengah digempur oleh beberapa proyek infrastruktur yang terintegrasi satu sama lain. Sebagai contoh, coba cek apakah titik rute LRT dan MRT nantinya dekat dengan perumahan yang sedang Anda bidik?

Anda bisa mendapatkan informasi ini dari media masa atau website pemerintah. Proyek pembangunan seperti taman, supermarket dan tempat hangout lainnya juga tak bisa Anda pandang sebelah mata dalam mendongkrak harga jual properti di kemudian hari. Sebagai contoh, Anda bisa membidik Cibinong dan Bekasi Timur yang nantinya akan terintegrasi dengan proyek kereta api listrik dan LRT.

5. Perasaan nyaman

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk membuat Anda yakin untuk memilih lokasi pinggiran untuk tempat tinggal adalah, rasa nyaman. Jika Anda serius untuk membeli properti di area baru, coba lakukan survei langsung agar memahami area tersebut lebih mendalam. Ajak keluarga untuk berjalan-jalan di sekitar perumahan, misalnya pertokoan atau taman dan berkomunikasi dengan warga setempat agar mendapat kesan yang objektif mengenai kawasan baru Anda.

property.okezone.com