Masyarakat Juga Harus Aware Ciptakan Keamanan Kawasan Pinggiran

Big Banner

JAKARTA – Pengamat Perencanaan Pembangunan Syahrial Loetan mengemukakan, selain aparat keamanan atau polisi, masyarakat pun harus terlibat guna menciptakan suatu kawasan pinggiran kota yang aman sekaligus nyaman. Alasannya, masyarakat memegang peranan penting dalam kesadaran (aware) sekitar lingkungan terhadap ciri-ciri tindakan kriminal.

“Harus polisi, tapi keterlibatan masyarakat juga penting. Kenapa? Karena mereka lah yang bisa memberikan laporan, misalnya tentang adanya sesuatu gejala yang kurang aman di kampung, itu bisa dilaporkan,” tuturnya kepada Okezone saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Dia menjelaskan, dibutuhkan suatu kesadaran yang harus dibangun dari dalam diri masyarakat agar bisa memberikan rasa aman sekaligus nyaman bagi kawasan tersebut. “Karena kalau didiamkan, itu teroris juga bisa hidup di daerah-daerah yang masyarakatnya tidak peduli. Jadi kepedulian masyarakat harus dibangun. Untuk siapa? Ya, untuk mereka juga,” tuturnya.

Terlebih lagi, dalam menciptakan suatu kawasan pinggiran kota yang aman nan nyaman, memang harus memenuhi syarat keberlanjutan untuk jangka panjang dan melibatkan semua faktor, layaknya membangun suatu kota.

“Jadi di mana-mana konsep yang dibangun katanya harus memenuhi syarat sustainability atau jangka panjang itu harus melibatkan semua aktor, terutama masyakarat,” pungkas Syahrial.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me