Ciptakan Rasa Aman di Kawasan Pinggiran, Ini yang Harus Dilakukan

Big Banner

JAKARTA – Kawasan pinggiran ibu kota rawan tindakan kriminal, ironisnya terutama sering kali kaum hawa yang menjadi sasarannya. Beberapa di antaranya seperti pelecehan seksual, pembunuhan, hingga perampokan. Hal ini sering kali dipicu oleh beberapa faktor seperti adanya kesenjangan antara si kaya dan si miskin dan juga belum tersedianya lapangan kerja yang cukup.

Pengamat Perencanaan Pembangunan Syahrial Loetan menjelaskan, tingkat kriminal di kawasan pinggiran bisa diminimalisir dengan beberapa cara, antara lain menjaga jumlah aparat keamanan atau polisi, memperbanyak penerangan jalan-jalan, dan juga angkutan umum harus dilengkapi dengan sistem keamanan.

“Untuk perbaiki gimana? Mungkin jumlah polisi tetap dijaga, penerangan kota dicukupi, angkot sistemnya harus ada security,” ujarnya kepada Okezone saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, isu-isu kriminal di kawasan pinggiran kota bisa dituntaskan, namun harus dilakukan secara bertahap. Meski begitu, dia berharap permasalahan ini tidak diselesaikan dalam jangka panjang, agar tidak semakin banyak korban berjatuhan akibat tindakan kriminal ini.

“Kita akan terus menuju ke arah perbaikan itu ya. ‘kan ini enggak bisa langsung nol (tuntaskan). Wanita dicuri dan dilecehkan, itu ‘kan bukan kota yang kita pengen. Jadi isu-isu kriminal ini salah satu isu penting untuk perkotaan tapi Indonesia enggak bisa atasi langsung, pasti gradual, tapi jangan terlalu panjang. Karena kalau terlalu panjang yang akan jadi korban si rakyat juga, penduduk juga,” jelasnya.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me