Sumbar Bangun 493 Rumah Layak Huni

Big Banner

SUMBAR – Warga miskin di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mendapat bantuan pembangunan rumah layak huni sebanyak 493 unit dari pemerintah pusat pada 2016.

Kepala Bidang Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman Pesisir Selatan Febrianes mengatakan penerima manfaat bantuan pembangunan rumah layak huni dari pemerintah pusat tersebut adalah warga tidak mampu yang masih menempati rumah tidak layak huni.

Program bantuan rumah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pemenuhan rumah layak huni bagi masyarakat miskin.

“Di Pesisir Selatan hingga kini masih terdapat banyak rumah tidak layak huni yang ditempati masyarakat, setidaknya masih ada sekitar lima ribu unit lagi tersebar di 15 kecamatan yang ada, ” katanyadi Painan, Senin (29/2/2016).

Rumah tidak layak huni sekitar lima ribu tersebut tersebar di 15 kecamatan yang dimiliki kabupaten itu. Khusus tahun 2016 dibangun di Kecamatan Bayang. Untuk satu rumah, pemerintah mengalokasikan dana sebanyak Rp15 juta.

Untuk kelancaran kegiatan itu, pemkab setempat sudah menginstruksikan kepada wali nagari (kepala desa), camat dan instansi terkait lainnya serta menyosialisasikan kepada masyarakat.

Sejak empat tahun terakhir jumlah rumah warga tidak mampu yang sudah dibangun di daerah itu mencapai empat ribu unit. Pembangunan rumah tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten setempat serta berbagai sumber dana lainnya.

Pemerintah menggulirkan program tersebut guna memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat. Selain itu juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.

Anggota DPRD kabupaten setempat Asril berharap program tersebut dapat berlangsung baik sehingga berdayaguna bagi masyarakat di daerah itu.

“Saya berharap dengan adanya bantuan perumahan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga program bantuan bedah rumah bisa berlanjut,” katanya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me