Masyarakat Kelas Menengah Juga Diharapkan Bisa Cicil Rumah dengan Bunga 5%

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah perlu mempertimbangkan masyarakat yang bukan termasuk berpenghasilan rendah atau non-MBR agar dapat memperoleh fasilitas untuk mendapatkan rumah melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Hal itu dikatakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, seperti yang dikutip dalam laman IPW, Senin (29/2/2016).

Menurutnya, perlu dipertimbangkannya masyarakat non-MBR dapat menggunakan dana Tapera disebabkan berdasarkan riset IPW, golongan non-MBR di segmen menengah pun masih banyak yang belum memiliki rumah.

Ali juga berharap, dalam proses penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) Tapera sistem pengawasan dan mekanisme implementasi program dapat tertuang dalam pasal-pasal secara jelas dan rinci.

“Bila tidak akan kembali terulang UU yang mengatasnamakan kepentingan rakyat namun pada kenyataan adalah sebuah kendaraan untuk menipu ketidaktahuan rakyat,” tutup Ali dalam tulisannya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Murin Sitorus mengatakan, MBR yang ingin memiliki rumah akan mendapat bantuan pembiayaan dengan bunga yang rendah yaitu lima persen. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan kekurangan (backlog) perumahan yang saat ini mencapai 15 juta dapat diatasi terutama bagi MBR.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me